Skip to main content
×

Lengkap! Cara Membersihkan File Sampah di Laptop/Pc di Windows 7, 8, 10

Advertise

Advertise

    Bloggerntt.com - Cara Membersihkan File Sampah di Laptop/Pc di Windows 7, 8, 10, Apakah kamu pemakai win 10, 8 dan 7 yang bisa jadi sama? Kalau iya mungkin kamu perlu mebersihkan sampah aplikasi di laptop dari sampah sistem supaya tidak lemot saat dipakai pun nyaman dan berasa paling ringan.

    File sampah seringkali terletak di local disk C (Drive C) ini paling menumpuk sebab sebelumnya anda menghapus file, mencopot software dan sebagainya.

    Pada ketika itu, sistem komputer bakal meninggalkan jejak cache (Sampah) yang paling mengganggu kinerja laptop anda nih. Ukuran dari file itu tidak main – main sob, punya saya kemarin dapat sampai 20GB, tersebut sangat menciptakan harddisk partisi C saya sarat alhasil mesti segera dihapus supaya tidak memberatkan peforma RAM kita.

    Sistem bakal terus mengerjakan penyimpanan sampah itu di drive c, jadinya kamu harus selalu mencuci sampah sistem tersebut tidak cukup lebih seminggu sekali atau maksimalnya sebulan sekali agar ruang penyimpanan anda tidak penuh dampak sampah dari windows sendiri.

    Pada peluang kali ini saya akan membicarakan tentang bagaimana sih teknik supaya kita dapat membersihkan file sampah baik di windows 7, 8 sampai 10 yang menciptakan harddisk kita sarat sendiri tanpa sebab?.

    Nah, sepengetahuan saya saja kamu hanya membutuhkan 1 software tambahan kok sisanya melulu menggunakan aplikasi bawaan windows.

    Tutorial kali ini bakal saya kemas singkat saja, kamu bisa memungut poin – poin pentingnya inilah ini untuk langsung mengarah ke ke inti persoalan dan solusinya.

    Sebelumnya, penyebab menumpuknya file sampah ini apa sih? Kok mendarat – mendarat ada sampah sistem yang mengisi drive c saya?.

    Nah penyebabnya tidak beda tidak bukan ialah kamu sering menghapus file baik tersebut gambar, dokumen, musik, dan sebagainya tetapi yang paling berpengaruh buat menumpuk sampahnya ialah pencopotan software terinstal yang telah tidak dipakai lagi.

    Pada saat mengerjakan proses uninstal ini, tentu software itu akan meninggalkan jejak buruk yaitu sampah yang bisa mengganggu ruang penyimpanan harddisk kamu.

    Untuk tersebut kamu mesti segera mencuci file sampah di laptop kamu itu untuk menambah tersedianya ruang kosong pada drive C.

    Cara Membersihkan File Sampah Sistem di Semua Laptop

    Dari atas anda tau bahwa nyaris semua operasi sistem (OS) windows tersebut sama tata letaknya yang membedakan melulu sebuah versi, nah guna windows 10 dan 8 tidak usah pikir panjang untuk mengekor alur dari tulisan ini tetapi sebaliknya guna user win 7 mesti pikir panjang soalnya belum pasti pun tutorial ini sama dengan windows 7 yang kalian miliki.

    #1. Membersihkan File Sampah Tanpa Software

    Hal yang mesti kamu siapkan yakni laptop kamu sendiri ya, lantas masuklah ke File Explorer.
    1. setelah tersebut akan ditampilan laksana dilayar, kamu bisa menghidupkan fitur Hidden File supaya semua Folder tersembunyi bisa dimunculkan. Anda dapat klik dibagian atas mempunyai nama View -> Hidden Items.
    2. Ketiga, kamu sudah dapat melakukan tahapan berikutnya yaitu menggali folder sampah di Local Disk C -> Users -> Asus (sesuai tipe laptop kamu) -> Appdata -> Local -> Temp. Folder “Temp” terletak dibagian bawah andai folder anda sudah di sort dengan urutan cocok huruf.
    3. Cara diatas memang paling ribet ketimbang kamu menggunakan dengan teknik menekan Icon Windows + R -> Ketikkan %Temp% -> Enter.
    4. Keempat, nanti di laptop anda akan hadir jendela laksana ini tidak cukup lebihnya, bakal ada tidak sedikit folder dan file yang isinya seluruh sampah. Coba aja deh diperiksa berapa ukuran seluruh filenya dengan teknik tekan CTRL + A -> Properties. Disini akan diperlihatkan jumlahnya berapa MB atau GB.
    5. Kelima, disini kamu hanya membutuhkan penghapusan seluruh file yang ditampilkan, kamu bisa menyeleksi semuanya dengan teknik menekan CTRL + A -> Shift dan Delete (tekan secara bersamaan). Gunanya shift delete tersebut untuk cara hapus secara permanen dan tidak bakal masuk ke recycle bin.


    Jika kamu masih membuka suatu aplikasi, maka cache software tersebut pun akan masuk ke dalam folder TEMP ini, nah guna solusi dapat menghapus semuanya, close dulu software yang sedang kamu gunakan supaya tidak terdapat lagi sampah yang tertinggal. Jika masih terdapat jendela yang menyuruh kamu “Try again dan Skip” Pilih skip aja.

    Lengkap! Cara Membersihkan File Sampah di Laptop/Pc di Windows 7, 8, 10

    #2. Bersihkan Sampah Menggunakan Disk CleanUp Aplikasi Bawaan Windows


    1. Pertama, silakan pada unsur pojok kiri bawah berlogokan windows ditekan kemudian langsung ketikkan saja “Disk CleanUp”.
    2. Kedua, Setelah masuk ke aplikasi tersebut, kamu bisa memilih inginkan mana yang bakal di scan file sampahnya lalu bakal segera dihapuskan. Kalau saya melulu menscan drive c saja sebab drive itu yang sering sarat mendadak. Kemudian kalau kamu sudah fix pada opsi anda, klik OK
    3. Ketiga, nanti sistem bakal scan seluruh yang terdapat di local disk c kamu, guna hal ini memang sangat memerlukan waktu agak lama. Anda dapat meninggalkan laptop kamu untuk melakukan kegiatan diluar laptop sembari menantikan proses sampai selesai.
    4. Keempat, Akan hadir jendela laksana ini, bila saya sih saya centang semua supaya komputer terbebas dari sampah kurang bermanfaat itu. Setelah percentangan selesai, kamu bisa klik OK dibawah.
    5. Kelima, Kemudian akan hadir dialog laksana ini “Are you sure want to permanently delete these file?” intinya begini apakah kamu hendak menghapus permanen file ini? Klik delete files.
    6. Keenam, tunggu proses penghapusan tidak cukup lebih tidak lama, sesudah itu kamu sudah dapat menikmati hasilnya dan lihat di disk c anda ada ruang kosong berapa.

    #3. Bersihkan Sampah Tanpa Software.


    1. Pertama, klik Icon Windows + R kemudian ketikkan artikel ini “prefetch” tanpa tanda petik lantas tekan Enter atau OK.
    2. Kedua, sesudah itu kamu akan dihadapkan dengan tampilan File Explorer windows kamu. Nah disini sama, kamu Tekan CTRL + A kemudian Shift + Delete pada keyboard. Jika hadir jendela Try again dan skip klik unsur skip aja.
    3. Ketiga, silakan periksa kembali harddisk kamu, apakah semakin meningkatkan daya kapasitasnya? bila iya berarti kamu sudah sukses pada langkah ini.


    #4. Memakai Aplikasi CCleaner, Mudah dan Gratis


    1. Pertama, kalian unduh dulu CCleaner nya di situs resminya.
    2. Kedua, instal aplikasi tersebut laksana layaknya kamu memasang sebuah software dimana proses pemasangannya lumayan mudah, barangkali kalian telah tau dan saya tidak bakal beritau kepada kamu karena ini tutor paling basic.
    3. Ketiga, langsung saja pada tombol Analyze di klik dan tunggu sampai proses menginisiali file sampah pada sistem komputer kamu berjalan hingga proses selesai.
    4. Keempat, dalam mencuci sampah di laptop, disini kamu sudah berlalu dan pada etape berikutnya kamu bisa mengerjakan klik di tombol bewarna biru di unsur kanan bawah layar software tersebut. Tombol Run Cleaner itu bermanfaat untuk menghapus seluruh file sampah yang terdapat pada tampilan ccleaner itu.
    5. Kelima, akan hadir dialog dimana jendela itu tidaklah sangat urgen jadi di klik Continue aja untuk melalui notif itu.
    6. Keenam, proses menghapus ini bakal memakan waktu lumayan lama andai file yang terdeteksi tadi banyak. Namun bilamana hanya sejumlah seperti punya saya kemungkinan melulu membutuhkan waktu tidak cukup dari satu menit guna memprosesnya.
    7. Ketujuh, disini telah selesai, namun bilamana kurang begitu bersih kamu bisa mengotak – atik saja seluruh fitur yang terdapat disana, Kalau saya menyerahkan tutor hingga detail bakal lebih panjang lagi.


    Apabila teknik menggunakan ccleaner ini tidak cukup begitu memperingan beban disk c anda, kemungkinan kamu harus menanggalkan beberapa software yang memberatkan, contoh game, karena game bakal membutuhkan tidak sedikit space kosong guna menyimpan data – datanya.

    Ada satu lagi pada software corel dan adobe, tipsnya instal seperlunya aja tidak boleh semua dipasang karena itulah yang bakal buat sarat harddisk c kamu.

    Dengan begitu kalian bakal mendapatkan peforma laptop kian kenceng dan stabil bilamana digunakan guna editing, menulis, game dan beda sebagainya. Terima kasih telah membaca teknik membersihkan file sampah di windows, dan bakal menghilangkan sampah sistem selamanya.

    Cukup sampai disini ulasan singkat dari bloggerntt.com mengenai Cara Membersihkan File Sampah di Laptop/Pc di Windows 7, 8, 10, Semoga bermanfaat. Salam.
    Baca Juga
    https://www.bloggerntt.com/2019/07/lengkap-cara-membersihkan-file-sampah.html

    Bacaan Menarik Lainya:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar