Iklan Billboard 970x250

Artikel Terkait

Untuk Anda yang mau mengirimkan karya literasimu, baik itu cerpen, puisi, esai dan karya literasi lainya, silahkan Anda buka disini Kirim Artikel. LINK UNDUH SUDAH SAYA PERBAIKI. (Khusus Pada Artikel Aplikasi Android )

×
Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

Iklan 728x90

Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Bloggerntt.com - Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata, Lembata adalah sebuah kabupaten di Nusa Tenggara Timur, dengan ibukota Lewoleba. Terletak di gugusan kepulauan Flores Timur yang berdekatan dengan kepulauan Alor di Timur, dan pulau Adonara serta Solor di sebelah Barat. Untuk mencapai Lembata bisa menggunakan kapal laut dari Kupang atau Larantuka.

    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Gunung Ile Ape, Lembata - Flores

    Mendaki gunung tidak hanya dapat dilakukan oleh komunitas-komunitas pecinta alam saja, semua orang bisa melakukannya asalkan punya kemampuan dan semangat untuk tetap menjaga dan mencintai alam di sekitarnya.

    Jika anda berkujung ke Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tak ada salahnya untuk mencoba mendaki Gunung Ile Ape sembari menikmati lembayung senja keindahan alam yang disuguhkan.

    Bicara tentang Lembata, kebanyakan orang pasti akan langsung terbayang dengan perburuan ikan paus. Tradisi perburuan ikan raksasa ini sudah berlangsung ratusan tahun lamanya dan sudah cukup dikenal banyak orang. Tapi Lembata bukan hanya tentang tradisi perburuan ikan paus, pesona alam dan kearifan lokalnya tak kalah menarik untuk dijelajahi dan diperdalam. Salah satu pesonanya berada di sebuah tanjung sebelah utara pulau ini, yakni Gunung Ile Api. Gunung ini tegak berdiri dan menjadi titik tertinggi di Pulau Lembata, seakan-akan sedia mengawasi segala kegiatan yang  berlangsung di Pulau Lembata.

    Masyarakat di kaki Gunung Ile Api menganggap gunung ini sebagai gunung keramat. Maka dari itu, ketika berkesempatan untuk bersua langsung dengan gunung ini, para pengunjung diharapkan untuk menghormati adat yang dijunjung masyarakat setempat. Kepercayaan ini juga membantu para pendaki untuk merasakan langsung kekhidmatan dari sebuah pendakian gunung yang tentunya akan meninggalkan kesan berbeda.

    Memiliki tinggi sekitar 1.450 meter di atas permukaan laut, Gunung Ile Api atau sering disebut juga Gunung Lewotolok sekilas tampak seperti Gunung Bromo yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Yang membuat serupa adalah hamparan pasir yang luas dengan gunung api aktif berdiri kokoh di tengah-tengah hamparan pasir tersebut. Tepat di gundukan gunung api itu, terdapat semburan asap dan beberapa titik kuning dari belerang sebagai tanda aktivitas vulkanik yang ada di dalamnya.

    Ile Ape merupakan sebuah gunung yang masih aktif dan selalu mengeluarkan belerang. Gunung ini memiliki panorama alam yang indah dengan keberadaan kawah-kawah di beberapa bagian gunung.

    Panorama alam pegungungan Ile Ape merupakan sebuah obyek menarik bagi wisatawan yang melakukan kegiatan pendakian (hiking) sambil menikmati keindahan alam yang berada di sekitar pegunungan.

    Semua orang yang berkunjung ke Lembata pasti akan terpesona oleh keindahan Ile Ape, gunung berapi di semenanjung kecil, tepatnya di samping Teluk Lewoleba. Lokasinya cukup fotogenik karena langsung terlihat saat merapat ke Lembata dengan kapal laut ataupun dengan pesawat terbang.

    Jika cuaca sedang cerah, pilot pesawat terbang tak akan sungkan melakukan atraksi mengelilingi gunung tersebut. Ile Ape merupakan landmark-nya Lembata. Ile Ape merupakan gunung dengan ketinggian 1450 meter diatas permukaan laut.

    Dengan posisinya yang cukup strategis, jika anda berada di puncak gunung tersebut, maka anda telah menemukan tempat yang sangat ideal untuk berburu sunset maupun sunrise. Terdapat punggung gunung yang sangat cocok sebagai lokasi berkemah.

    Dari lokasi berkemah pemandangan pemandangan matahari terbenam sangat menakjubkan, karena jauh dibawahnya terlihat serangkaian teluk-teluk, baik teluk utara maupun teluk selatan.


    Sejarah Meletusnya Gunung Ile Ape

    Menurut catatan, gunung Ile Ape sudah meletus sebanyak delapan kali sejak tahun 1660. Lalu meletus lagi tahun 1819, dua tahun kemudian yakni 1921 kembali meletus. Kemaudian pada tahun 1864, 1889 dan terakhir pada tahun 1920. Awal tahun 2012, aktivitas gunung Ile Ape, meningkat dari biasanya. Saya menyebut meningkat dari biasanya, karena sejak tahun 1920 sampai dengan tanggal 30 Desember 2012, Gunung Ile Ape melaksanakan tugas rutinitasnya seperti biasany. Biasanya ada lahar dingin yang meluap hampir setiap tahun dan menghasilkan galian C di Desa Jontona. Soal lahar dingin ini, bukan baru sekali atau dua kali, sudah berulang kali Gunung Ile Ape, memuntahkan lahar dinginnya melalui pinggiran desa Jontona [wangalarang-jalan banjir]. 


    Orang Ile Api Bergigi Kuning

    Tidak dapat dipungkiri orang Ile Ape memiliki chiri khas, gigi kuning. Gigi Kuningnnya orang Ile Ape, bukan karena malas untuk sikat gigi, bukan pula karena tidak memiliki pasta gigi semisal, Pepsodent, dan pasta gigi lainnya. Tetapi gigi kuningnya orang Ile Ape, karena dipengaruhi oleh kadar belerang yang ada di dalam air yang di minum oleh orang Ile Ape. Kadar belerang itu berasal dari Gunung Ile Ape.

    Tak heran, mereka yang lahir dan besar di kaki Gunung Ile Ape, pasti bergigi kuning. tidak semua gigi berwarna kuning-hanya gigi depan saja yang berwarna kuning. Secara logika, saat minum air, gigi depan itu secara otomatis menjadi filter atau penyaring, sebelum masuk ke mulut dan ditelan-sehingga gigi kuningnya orang Ile Ape, hanya di bagian depan saja. Bila anda mempunyai teman atau sahabat, kenalan orang Flores. Coba tanya, asalnya dari mana. Bila dia bilang dari Flores-Lembata, dan kelihatan giginya kuning didepan maka tidak perlu tanya lagi, cukup bilang “kamu orang Ile Ape ya.?..kok tau..?..karena gigimu yang didepan itu berwarna kuning. Selain mengandung belerang, air di Ile Ape juga mengandung kapur. Bila airnya dinanak sampai mendidih maka kapurnya akan kelihatan mengendap sampai ke dasar periuk. Ada juga orang ile ape yang tak bergigi kuning. itu disebabkan karena di rumahnya ada bak penampung air hujan.

    Orang Ile Ape, baru menikmati Air PDAM (air Leding-sebutan orang Ile Ape) pada pada awal tahun 2000-an. Sebelum tahun itu, orang Ile Ape, mengkonsumsi air sumur yang mengandung kadar belerang dan kapur lalu menghasilkan orang ile ape yang bergigi kuning. Warga di dua kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur hampir sebagian besar masih mengkonsumsi air dari sumur yang mengandunf belerang. Air tersebut terasa pahit dan Asin. Rasa pahit karena mengandung belerang dari Gunung Ile Ape dan Asin karena letak sumur ini hanya puluhan meter dari pantai.

    Adalah sebuah kebanggan sendiri, Air payau dan asin itulah yang menjadikan Daniel Hurek Making (Asal Desa Napasabok-Ebak) menjadi Wakil Walikota Kupang, juga Thomas Ola Langoday yang menjadi salah satu ahli Ekonomi tingkat Nasional, atau sebut saja Viktor Mado Watun yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Lembata, Ande Manuk, Mantan Bupati Lembata, Anton Buga Langoday Mantan Bupati Flores Timur, ada juga Kornelis Boli Balawangak, Kepala Program KPA Propinsi Batam, Laurens Lusi Hurek, wartawan Nasional di Surabaya masih banyak lagi orang Ile Ape bergigi kuning yang sudah menjadi ‘Orang’. Ketika ditanya mereka pasti bilang kami orang Ile Ape. Pernahkah merasakan secangkir kopi diseduh dengan air asin ...? cukup nikmat. Rasa nano-nano.manis asin-asin. Karena mengandung belerang dan kapur, maka ketika mandipun tak ada busa sabun. Ini benar...! ini nyata..!

    Percaya dengan Lera Wulan, Tana Ekan. Percaya adat. Dan di masayarakat Adat Lewohala, ada clan khusus yang ditugas untuk menjaga alam, bukit dan gunung-gemunung, yang disebut Belen raya Ili wokak-Pembesar/raja gunung yakni suku/clan Lemaking woka lolong. Suku/clan Matarau di tugaskan untuk menjaga pantai agar air laut jangan sampai mengamuk/tsunami. Dan suku/clan adat lain juga memiliki tugas masing-masing. Ile Ape di kenal kering dan kerontang. Musim hujan tak tentu. Beberapa tahun lalu, saat hujan tidak turun, tua-tua adat di bawa pimpinan suku Lemakin Woka Lolon sebagai belen raya ili woka, pergi ke gungung, melakukan ratapan, menangis dengan sungguh di pangkuan gunung Ile Ape meminta hujan. Dan terjadilah hujan. Hujan turun dari langit. Ini bukan dongeng..! ini adalah fakta. Fakta tentang kepercayaan adat. Sungguh informasi ini membuat banyak orang takut. Tetapi tidak dengan orang Jontona dan Todanara.

    Alamat dan Rute Menuju Gunung Ile Ape Lembata di Flores

    Ile Ape-secara harafia-dapat di mengerti sebagai gunung berapi, karena memang Ile Ape itu gunung berapi-ile berarti Gunung, Ape berarti Api. Ile Ape= Gunung Api. Di kaki Gunung Ile Ape, ada Desa Muruona, Laranwutun, Kolontobo, Petuntawa, Dulitukan, Tanjung Bahagia, Waowala, Amakaka, Bungamuda, Atawatung, Ebak, Mawa, Bao Laliduli, Lamatokan, Jontona, Todanara, Watodiri. Ile Ape saat ini di bagi menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Ile Ape dengan ibukotanya di Laranwutun dan kecamatan Ile Ape, dengan Ibukotanya di Lamatokan. Gunung Ile Ape, memiliki ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut.
    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata
    Pendakian menuju puncak Gunung Ile Api dapat dimulai dari kampung Lewotolok, kampung ini merupakan salah satu kampung adat yang terletak di kaki Gunung Ile Api. Sebenarnya ada beberapa titik pendakian lainnya, seperti Desa Jontona, Desa Bungamuda, Desa Lamatokan, dan dari Desa Kolontobo. Gunung ini juga biasa dijadikan tempat digerlarnya Upacara Adat Utan Werun (Kacang Tumbuh) yang merupakan sebuah perayaan tutup tahun dari masyarakat adat Lamarian.

    Aktivitas yang Bisa dilakukan di Gunung Ile Ape Lembata di Flores

    Di puncak Gunung Ile Api para pendaki dapat menyaksikan pemandangan indah birunya Laut Flores yang berlatarkan Pulau Adonara dengan Gunung Ile Boleng. Berada di titik tertinggi Pulau Lembata, para pendaki pun bisa melihat pemandangan lepas tanpa terhalangi apapun, bahkan momen matahari terbit dan tenggelam pun bisa disaksikan di atas gunung ini.

    Jika cuaca sedang cerah, pilot pesawat terbang tak akan sungkan melakukan atraksi mengelilingi gunung tersebut. Ile Ape merupakan landmark-nya Lembata. Ile Ape merupakan gunung dengan ketinggian 1450 meter diatas permukaan laut.

    Dengan posisinya yang cukup strategis, jika anda berada di puncak gunung tersebut, maka anda telah menemukan tempat yang sangat ideal untuk berburu sunset maupun sunrise. Terdapat punggung gunung yang sangat cocok sebagai lokasi berkemah.

    Dari lokasi berkemah pemandangan pemandangan matahari terbenam sangat menakjubkan, karena jauh dibawahnya terlihat serangkaian teluk-teluk, baik teluk utara maupun teluk selatan.

    Selain itu juga akan terlihat keindahan-keindahan gunung Ile Boleng, gunung berapi di Pulau Adonara yang terletak di ekor pulau Adonara, menghadap ke Pulau Lembata yang hanya dipisahkan oleh selat sempit.

    Dalam pendakian akan dijumpai kaldera seluas hampir 1 km2 yang sudah ada sejak 1889 dan akan membuat anda terpana dengan pasir kalderanya yang berwarna agak putih. Batok gunung memiliki retakan-retakan belerang berwarna kuning cerah.

    Di lereng bagian timur pemandangan lain terbentang laut di teluk Jontona seolah danau luas dengan sebuah pulau kecil di tengahnya bagaikan view Danau Toba. Gunung Ile Ape di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu ikon dari keindahan alam Indonesia.

    Tidak heran jika Ile Ape menarik banyak wisatawan mancanegara untuk mendakinya dan melihat langsung keindahan Gunung Ile Ape. Selain itu Gunung Ile Ape merupakan salah satu tempat terindah yang menjadi incaran oleh banyak fotografer.

    Ketika mendengar kata Gunung Ile Ape yang akan terbayang adalah keindahan gunung ini dan cerita-cerita seru selama pendakian, tidak heran Gunung Ile Ape merupakan sebuah gunung yang esksotis dan sebuah ikon di Lembata, NTT.



    Tips Pendakian Gunung Ile Ape Lembata di Flores


    1. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi.
    2. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian yang tersedia.
    3. Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun.
    4. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya.
    5. Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar.
    6. Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya pendakian yang akan ditempuh.
    7. Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan.
    8. Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar.


    Galery Foto Puncak Gunung Ile Ape Lembata


    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata

    Penutup

    Pulau Lembata memang gak setenar pulau Komodo atau danau Kelimutu, padahal tradisi perburuan paus oleh masyarakat Lamalera di bagian selatan pulau ini sudah terdengar hingga ke mancanegara.

    Sekian review mengenai Gunung Ile Ape, Panorama Keindahan Alam dari Lembata , Semoga bermanfaat. Salam.
    Baca Juga
    SHARE
    Marko Kono
    Hi, My name is Marko. Pencinta Malam, Penyuka Hitam, Penikmat Gelap dan Pengurus Tapaleuk, hehehe 😃 Selain blogging, punya pekerjaan pribadi sebagai Staf Teknik bagian Pengawasan Proyek. Teknik Sipil menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupanya.
    Masukan Email Anda Untuk Dapatkan Update GRATIS!

    Artikel Terkait:

    Post a Comment

    Iklan Tengah Post