Iklan Billboard 970x250

Artikel Terkait

Untuk Anda yang mau mengirimkan karya literasimu, baik itu cerpen, puisi, esai dan karya literasi lainya, silahkan Anda buka disini Kirim Artikel. LINK UNDUH SUDAH SAYA PERBAIKI. (Khusus Pada Artikel Aplikasi Android )

×
Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

Iklan 728x90

Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Bloggerntt.com - Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores, Gunung Egon merupakan satu buah gunung berapi yang terletak di Kab Sikka (Maumere), Pulau Flores, propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Gunung ini mempunyai tinggi 1.703 meter dari permukaan laut. Egon kembali aktif kepada 2006 sesudah vakum tatkala 75 th. Egon terdaftar meletus dahsyat pada tahun 1925.

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere, Flores

    Gunung Egon, tegak angkuh. Ia menancap kokoh di Pulau Flores. Dari lereng gunung yang dalam kurun 2 tahun, sudah tiga kali meletus itu, pesona keindahan alam menakjubkan. Sejauh mata memandang, terbentang lautan biru tak bertepi. Dibalik pesonanya, gunung Egon ternyata juga menyimpan bahaya.

    Dengan ketinggian 1.703 meter di atas permukaan laut, Gunung Egon tentu menyuguhkan pengalaman petualangan yang seru bagi para pendaki yang berkesempatan menginjakkan kaki di gunung ini. Tersedia dua akses pendakian bagi para pendaki yang ingin bercengkerama langsung dengan suasana alam Gunung Egon.

    Salah satu indikasi dari seberapa dahsyat letusan yang pernah terjadi pada sebuah gunung berapi dapat dilihat pada kawah yang ada pada gunung tersebut. Gunung Egon yang terletak di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur menyimpan bukti letusan dahsyat yang pernah terjadi, dengan adanya sebuah kawah luas menganga lebar yang akan menimbulkan rasa takjub bagi siapapun yang melihatnya. Gunung Egon sendiri berada di wilayah timur dari Maumere atau sekitar tiga puluh kilometer dari ibu kota Kabupaten Sikka tersebut.

    Pada awal tahun 2016, status Gunung Egon dinaikkan menjadi “siaga” akibat dari aktivitas vulkanik yang meningkat pada saat itu. Gempa juga dirasakan para warga setempat yang tinggal tepat di kaki Gunung Egon. Letusan dahsyat terakhir gunung ini terjadi pada tahun 1925 dan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2008 lalu. Walaupun aktivitas vulkaniknya seringkali meningkat dan menimbulkan keresahan, dalam kondisi normalnya gunung ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

    Sebelum memasuki area Gunung Egon, biasanya warga melakukan ritual kecil sebagai penghormatan kepada leluhur. Gunung ini memiliki kontur terjal dengan batu dan pasir. Di sini juga terdapat sisa letusan vulkanik dan belerang di puncaknya. Alam, masyarakat, dan tradisi adalah hal-hal yang tidak terpisahkan.

    Masyarakat di sekitar daerah gunung egon ini yaitu desa Bahukrenge mata pencahariannya bertani. Karena tanah nya sangat subur dan cocok untuk pertanian dan perkebunan. Sebuah desa bak surga, di gugusan kepulauan Flores yang kering dan tandus. Desa ini penghasil sayuran dan beras. Tempat subur bercocok tanam dan jauh dari paceklik yang selalu menghantui masyarakat NTT, umumnya.

    Tak mudah memang, menerapkan teori dan standar keselamatan jiwa secara ideal. Saat menyentuh urusan perut dan kelangsungan hidup, marabahaya seakan tidak menakutkan. Mereka telah mengakrabi ancaman bencana, dengan kearifan lokal, berdasar keyainan mereka.

    Sejarah dan Cerita Mistis dibalik Gunung Egon

    Ada dua orang kakak beradik yang bernama Radja dan Kolung. Radja adalah seorang anak wanita semata wayang yang kawin dengan Sina (Menteri). Upacara adat yang dilakukan dibagi dalam dua bagian: 1). Untuk Kolung (anak laki-laki), agar dapat menjaga tempat upacara (mahe=menhir) mere serta kampung. 2). Untuk Radja yang dilakukan di gunung dengan bahar (emas) sehingga walaupun Radja adalah seorang anak wanita tapi diberi kuasa hingga turunan Nona ini yang bernama Migo.

    Dalam setiap upacara untuk Gunung Egon selalu didahului dengan Du’a Mapi Giek Mo'an Tanah Gahar. Jika ada longsor mereka hanya melihat pada mas adat (yang berupa kaca). Segala aktifitas Gunung Egon dapat dilihat dalam emas adat tersebut. Apabila sudah memberikan tanda-tanda, maka harus dibuat upacara.

    Sebelum Bapak Migo mati, ada pesan harus membuat upacara ke arah matahari timur laut karena di bagian tersebut terdapat retakan pada dinding kawah Gunung Egon. Pesan ini tidak diindahkan oleh keponakannya, sehingga karena kelalaiannya, peristiwa hari Kamis, 29 Januari 2004 terjadi. Upacara yang dimaksud adalah memberikan sesajen di gunung berupa emas, babi, beras, telur dengan maksud untuk minta perlindungan dari arwah penjaga gunung untuk memohon keselamatan dari bencana gunung meletus, banjir.

    Sesajen berupa: mas, babi, beras merah, tuak, bibit untuk tanam. Untuk upacara di gunung dibagi sesuai dengan wilayah desa. Setiap desa (4 desa) mempunyai 1 mahe sebagai tempat upacara.

    Mitos yang menjadi kepercayaan masyarakat setempat bila Gunung Egon akan meletus apabila sudah muncul ular berkepala tujuh dari gunung dan menampakkan wujudnya kepada penjaga gunung. Bila penjaga gunung melihat hal tersebut, maka beliau akan menyebarluaskan informasi itu kepada masyarakat untuk bersiap-siap karena Gunung Egon akan meletus.

    Alamat dan Rute Menuju Gunung Egon Maumere

    Gunug Edon sendiri berada di Wilayah Timur kota Maumere atau tepatnya 30 km dari ibu kota Kabupaten Sikka tersebut.

    Untuk mendaki Gunung Egon, anda dapat berkendara kurang lebih sekitar 1 jam dari Kota Maumere. Terdapat 2 akses Pendakian Gunung Egon, yaitu dari Desa Egon Gahar bagian selatan dan Desa Blidit di bagian Utara. Biasanya para pendaki mendaki melewati rute Desa Blidit.

    Butuh waktu 2,5 jam – 3 jam untuk mencapai puncak Gunung Egon. Bermula pada kawasan hutan Eucalyptus yang terus menanjak, dan tanaman perdu yang tumbuh pendek-pendek memenuhi hamparan sekitar 1 km menuju puncak. Ketika sampai di Puncak Gunung anda akan terkesima melihat kawah gunung yang sangat indah.


    Aktivitas yang Bisa dilakukan di Gunung Egon Maumere

    Egon menawarkan pemandangan yang elok. Pendakian ke gunung ini menjadi oase dari gerah udara di pesisir Maumere. Matahari meninggi ketika kami kembali melanjutkan pendakian. Pemandangan sabana yang menguning menjadi hiburan. Semakin ke atas, padang rumput menipis digantikan bebatuan tajam berwarna hitam.

    Kawah Egon tinggal 500 meter di depan. Namun, angin deras tiba-tiba berembus. Dan, kabut putih menyelimuti jalan setapak di lereng menuju kawah.

    Fasilitas dan Akomodasi di sekitaran Gunung Egon

    Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Egon, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Egon. Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking.

    Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Egon.

    Pemandian Air Panas di Desa Egon

    Wisata air panas ini terletak di Desa Egon, Kecamatan Waigete, Maumere. Anda perlu menempuh jarak sekira 30 kilometer dengan waktu tempuh sekira 39 menit.

    Untuk menuju wisata air panas ini, Anda perlu melewati jalan yang cukup sempit dengan medan terjal di kaki Gunung Egon. Letaknya ada di tengah hutan, membuat wisatawan perlu berjalan kaki lagi dari Desa Egon sekira 1,5 kilometer.

    Namun Anda akan merasakan keajaiban alam ketika tiba di tempat tujuan. Bagaimana tidak, air panas yang jernih tersebut mengalir di tengah hutan.

    Anda akan menemukan pemandian air panas alami di tengah hutan. Airnya cukup jernih dan terletak di tengah bebatuan yang besar. Membuat air ini terlihat lebih bersih dan menarik untuk berendam.

    Wisata air panas ini masih cukup sepi pengujung. Tempat ini baru ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan dan hari-hari libur.

    Tips Pendakian Gunung Egon


    • Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi.
    • Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian yang tersedia.
    • Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun.
    • Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya.
    • Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar.
    • Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya pendakian yang akan ditempuh.
    • Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan.
    • Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar.

    Galery Foto Puncak Gunung Egon, Maumere Flores 

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores

    Penutup

    Cukup sampai disini review dari admin bloggerntt.com tentang Gunung Egon Maumere 'Si Gunung Api'. Angkuh Nan Mempesona dari Pulau Flores, semoga bermanfaat. Salam.
    Baca Juga
    SHARE
    Marko Kono
    Hi, My name is Marko. Pencinta Malam, Penyuka Hitam, Penikmat Gelap dan Pengurus Tapaleuk, hehehe 😃 Selain blogging, punya pekerjaan pribadi sebagai Staf Teknik bagian Pengawasan Proyek. Teknik Sipil menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupanya.
    Masukan Email Anda Untuk Dapatkan Update GRATIS!

    Artikel Terkait:

    Post a Comment

    Iklan Tengah Post