Iklan Billboard 970x250

Artikel Terkait

Untuk Anda yang mau mengirimkan karya literasimu, baik itu cerpen, puisi, esai dan karya literasi lainya, silahkan Anda buka disini Kirim Artikel. LINK UNDUH SUDAH SAYA PERBAIKI. (Khusus Pada Artikel Aplikasi Android )

×
Berkunjung ke Pantai Uilhaen Ana di Semau Nusa Tenggara Timur

Iklan 728x90

Berkunjung ke Pantai Uilhaen Ana di Semau Nusa Tenggara Timur

    Bloggerntt.com - Berkunjung ke Pantai Uilhaen Ana di Semau Nusa Tenggara Timur, Pantai ini lebih dikenal dengan nama Ui Nian, tetapi yang sebenarnya bernama Uilhaen ana yang terletak didesa Ui Boa, Kecamatan Semau Selatan, Nusa Tenggara Timur.

    Dalam bahasa Helong yang merupakan bahasa lokal setempat Ui artinya Air, Lhaen artinya Pasir dan Ana artinya I. Jadi, Uilhaen Ana artinya Laut dengan hamparan pasir yang tidak luas/pendek.

    Ciri khas dari pantai ini adalah terdapat beberapa pohon kelapa dipinggir pantai. Mungkin  karena terdapat pohon kelapa sehingga lebih dikenal sebagai Ui Nian sesuai asal katanya, tapi yang sebenarnya bernama Uilhaen ana sesuai penuturan warga setempat yang saya wawancara.
    Berkunjung ke Pantai Uilhaen Ana di Semau Nusa Tenggara Timur

    Diapit oleh bebatuan karang dengan degradasi air laut yang memanjakan mata menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot foto yang sempurna. Karena gelombangnya yang cukup besar, sehingga tidak disarankan untuk berenang untuk keamanan pengunjung. Tempat ini juga menawarkan spot sunset yang sempurna.

    Dari pelabuhan diperluhkan waktu sekitar 90-100 menit perjalanan. Jaraknya sekitar 10 KM sebelum Liman. Gereja Sesawi Uimlasi, Kecamatan Seamu Selatan, dapat anda jadikan sebagai pedoman menuju pantai indah ini.

    Sesudah gereja, ada sebuah cabang tanah putih disisi kanan jalan, ikuti jalan tanah sekitar 8-10 menit makan anda akan tiba dipingiran pantai Ui Nian, ambil jalur kanan jalan hingga tiba dijejeran pohon asam dan santigi. Parkir kendaraan anda dan berjalan kaki sekitar 5 menit.

    Untuk transportasi Kupang Semau, kita dapat menggunakan Kapal dengan biaya yang relative lebih murah dari pelabuhan Bolok dengan perjalanan sekitar 10-15 menit, yang berlayar setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Khusus dihari minggu ada dua kali penyebrangan yakni pagi dan sore hari. Kita juga dapat menggunakan Perahu dengan harga perorang Rp. 15.000-20.000, untuk kendraan dikenai biaya Rp. 50.000 termasuk penumpang, yang berlayar dari pelabuhan Tenau menuju Semau dari pagi jam 06.00-sampai sore dengan lamanya perjalan sekitar 20-25 menit.

    Bagi anda yang tidak membawa kendaraan bisa menyewa kendaraan dengan harga Rp. 75.000/12 jam diluar bahan bakar. Disemau sendiri tidak ada SPBU tapi ada penjual bensin eceran dengan harga berfariasi dari Rp. 8.000-10.000/botol. Tidak terdapat penginapan sehingga, bagi yang ingin menginap bisa menumpang dirumah warga.

    Baca juga:



    Didaerah pantainya juga tidak ada penjual makanan jadi sebaiknya membawa makanan sendiri atau membelinya selama perjalanan.

    Berkunjung ke Pantai Uilhaen Ana di Semau Nusa Tenggara Timur

    Berkunjung ke Pantai Uilhaen Ana di Semau Nusa Tenggara Timur

    Berkunjung ke Pantai Uilhaen Ana di Semau Nusa Tenggara Timur

    Sekian artikel Berkunjung ke Pantai Uilhaen Ana di Semau Nusa Tenggara Timur, Salam.

    Source: http://ariantosntt.blogspot.com/2018/11/pantai-uilhaen-ana-semau-ntt.html
    Baca Juga
    SHARE
    Marko Kono
    Hi, My name is Marko. Pencinta Malam, Penyuka Hitam, Penikmat Gelap dan Pengurus Tapaleuk, hehehe 😃 Selain blogging, punya pekerjaan pribadi sebagai Staf Teknik bagian Pengawasan Proyek. Teknik Sipil menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupanya.
    Masukan Email Anda Untuk Dapatkan Update GRATIS!

    Artikel Terkait:

    Post a Comment

    Iklan Tengah Post