Pantai Fatukolo Keindahan Yang Tersembunyi dari Kabupaten Kupang

Bloggerntt.com - Pantai Fatukolo Keindahan Yang Tersembunyi dari Kabupaten Kupang, Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dengan adanya batu yang berbentuk seperti kepala burung, hal inilah yang menjadi alasan penamaan pantai ini.

Pantai ini masih sangat alami dan belum mengalami sentuhan. Bebatuan yang menjulang tinggi di sisi pantai menambah keindahan. Batu yang ada juga sangat indah dengan warna kemerahan.

Baca juga: Menggulu Jajajan Khas Tanah Sumba, Panganan Lokal Khas Tanah Marapu

Akses jalan menuju pantai melewati jalur darat dari Kota Kupang-Pasar Oesao-Oelamasi-Cabang Pariti menuju Sulamu (Belok kiri sebelum camplong)-Tugu pertigaan menuju sulamu-Jalur belok kiri (belok kanan menuju sulamu), dan berjalan terus melewati jalanan yang baik, dan yang kurang baik. Sebaiknya anda berkunjung saat musim panas.

Untuk menuju pantai dari Kota Kupang diperluhkan waktu sekitar 2 jam. Bagi anda yang menyukai petualangan, menuju pantai cantik ini akan memberikan kesan tersendiri.

Pantai Fatukolo kini....

Baca juga: Daftar Lengkap Tokoh Pahlawan Nasional dan Tokoh Daerah dari Nusa Tenggara Timur (Update)

Keindahan pantai yang dikenal dengan nama pantai Fatu Kolo di desa Poto kecamatan Fatuleu Barat kini hanya akan tinggal menjadi cerita beberapa waktu ke depan.

Hutan penyangga pantai yang didominasi pohon asam kini hampir tidak berbekas. Gerusan abrasi yang merobohkan banyak pohon besar di garis pantai sepanjang hampir 600 meter kian merangsek masuk ke daratan. Jika sekitar 50 meter sisa dataran di sepanjang pantai Fatukolo habis digerus abrasi sehingga lautan langsung bersandar pada bukit Fatukolo yang saat ini menjadi jalur jalan trans Amfoang, keindahan pantai ini tak akan lagi berbekas.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Daerah Nusa Tenggara Timur

Hampir tidak didapati seekor burungpun di lokasi pantai ini. Padahal, pantai ini dikenal sebagai pantai Fatu Kolo karena keberadaan ribuan ekor burung yang setiap hari bercengkrama di atas beberapa batu dalam laut didekat garis pantai. Fatu Kolo sendiri jika diterjemahkan lurus artinya batu burung. Maksudnya batu yang banyak burungnya.

Galery Pantai Fatukolo

Pantai Fatukolo Keindahan Yang Tersembunyi dari Kabupaten Kupang

Pantai Fatukolo Keindahan Yang Tersembunyi dari Kabupaten Kupang

Pantai Fatukolo Keindahan Yang Tersembunyi dari Kabupaten Kupang

Pantai Fatukolo Keindahan Yang Tersembunyi dari Kabupaten Kupang

Tak disangkal, kerusakan hebat di pantai ini terjadi karena aktifitas tambang pasir biasa dan pasir warna yang masif beberapa waktu terakhir. Bahkan beberapa waktu lalu, alat berat juga dilibatkan untuk mengeruk pasir di sini.

Baca juga: 10 Kuliner Khas NTT Yang Bikin Beta Rindu Mau Pulang Kampung

Diduga kuat pasir yang diambil dijual ke oknum pengusaha yang sebenarnya memiliki ijin tambang dilokasi lain. Untuk sementara, aktifitas tambang telah berhenti setelah adanya upaya penyelamatan dari beberapa suku adat di Fatuleu Barat.

Tetapi, jika tidak direhabilitasi secepatnya, keindahan pantai Fatukolo tidak akan ada lagi bekasnya.

Baca juga: Grup Facebook Yang Paling Aktif dan Ramai di Kunjungi Masyarakat NTT

Sekian artikel Pantai Fatukolo Keindahan Yang Tersembunyi dari Kabupaten Kupang, semoga bermanfaat. Salam.

Sumber :
- http://ariantosntt.blogspot.com/2016/09/pantai-fatukolo-kabupaten-kupang-ntt.html
- http://simonseffi.blogspot.com/p/keindahan-pantai-yang-dikenal-dengan.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantai Fatukolo Keindahan Yang Tersembunyi dari Kabupaten Kupang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel