Iklan Billboard 970x250

Artikel Terkait

Untuk Anda yang mau mengirimkan karya literasimu, baik itu cerpen, puisi, esai dan karya literasi lainya, silahkan Anda buka disini Kirim Artikel. LINK UNDUH SUDAH SAYA PERBAIKI. (Khusus Pada Artikel Aplikasi Android )

×
Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo

Iklan 728x90

Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo

    Bloggerntt.com - Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo, Pulau Kalong terletak di antara gugusan pulau pulau kecil di kawasan Taman Nasional Komodo, Pulau Kalong merupakan tempat bersarang jutaan kelelawar dengan berbagai ukuran.
    Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo

    Pulau Kalong Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo

    Gugusan pulau-pulau kecil yang masuk ke dalam area Taman Nasional Komodo memiliki karakteristik tersendiri yang masing-masing kaya akan keanekaragaman flora ataupun faunanya baik yang di daratan ataupun di bawah lautnya. Mungkin jarang terlihat hewan-hewan khas darat yang berkoloni di suatu pulau. Kebanyakan memang gugusan pulau-pulau tersebut menyimpan keindahan di bawah lautnya.

    Pulau Kalong ini terletak sekitar 8 km dari Pelabuhan Labuan Bajo yang bisa ditempuh dengan perjalanan laut selama kurang lebih 1 jam. Pulau ini merupakan kawasan hutan bakau yang perannya penting dalam keseimbangan alam khususnya lautan. Sebagai habitat asli kelelawar atau kalong, tentu bila datang ke pulau ini saat matahari terang bersinar tidak akan ada kelelawar yang berlalu-lalang terbang, yang ada hanya pemadangan kelelawar-kelelawar tersebut tidur bergelantungan di pohon-pohon yang ada di seluruh pulau.

    Dari sekian banyak pulau tentu Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang lekat di ingatan wisatawan sebagai pulau yang merupakan habitat endemik hewan daratan yaitu komodo. Akan tetapi, ada satu buah pulau yang ternyata menyimpan keistimewaan khusus sebagai habitat ribuan hewan yang tinggal di sana dan menjadi tujuan wisatawan juga yang hanya bisa melihatnya dari atas kapal di pinggir pulau. Pulau tersebut dinamakan Pulau Kalong. Dari namanya saja sudah tentu tahu bahwa hewan yang bermukim sampai membentuk ribuan koloni adalah kelelawar atau kalong.

    Selain itu, sensasi untuk menginap di habitat hewan yang dianggap simbol horor itulah yang juga meninggalkan kesan tersendiri untuk para wisatawan karena “thrilling sensation” tersebut. Jangan takut dengan keberadaan kelelawar tersebut yang terkesan seram karena kelelawar/kalong yang tinggal di pulau ini semuanya pemakan buah (herbivora) yang mencari makanannya dari pohon-pohon buah di sekitar Pulau Flores.

    Pulau Kalong ini tidak berpenghuni dan tidak pula dapat dimasuki oleh manusia sebab topografi sekeliling pulau yang memang didominasi oleh tanaman bakau yang rapat sehingga susah sekali dilewati oleh manusia. Selain itu, konon di pulau ini juga terdapat koloni ekor ular phyton yang menjadi predator kelelawar dan juga bisa mengancam keselamatan manusia yang memaksa masuk menjelajahi pulau. Dahulu sudah pernah ada cerita manusia yang mencoba menjelajahi masuk ke Pulau Kalong, namun ia tidak kembali lagi keluar bahkan tidak ditemukan.

    Alamat dan Rute Menuju Pulau Kalong Labuan Bajo, NTT

    Untuk mencapai Pulau Kalong, Anda harus mengunjungi Labuan Bajo terlebih dahulu. Dari sini, Anda perlu menyewa speedboat. Dibutuhkan sekitar 30-50 menit untuk sampai di pulau ini. Perjalanan singkat ini pasti nyaman dan menyenangkan. Anda bisa menyaksikan pemandangan di dekatnya dari kapal. Biasanya Agen perjalanan memasukkan Pulau Kalong  dalam paket tur wisata ke Taman Nasional Komodo.

    Untuk sampai di danau vulkanik terbesar ini, pengunjung akan menemui sejumlah jalur terjal. Lokasi detail wisata ini terletak di Kabupaten Manggarai tepatnya di kawasan hutan lindung Mbeliling di Labuan Bajo. Apabila anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar (sekaligus mampir ke Pantai Sanur dan Kuta).

    Dari Bali baru kemudian naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik bis umum ke pelabuhan Labuan Bajo lalu dilanjut dengan speedboat atau kano menuju pulau kalong sejuah 8 km atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan air.

    Aktivitas yang Bisa dilakukan di Pulau Kalong Labuan Bajo

    Di Pulau Kalong ini Kamu juga bisa ngelakuin beberapa aktivitas, misalnya:

    Habitat ubur-ubur

    Langit dan daratan tepatnya di hutan mini khatulistiwa di pulau Mangiatan adalah rumah bagi para ubur-ubur untuk berkembang biak yang merupakan makanan manta yang tersebar di kepulauan Flores dan beberapa spesies burung yang turut meramaiakan suasana.

    Spot diving dan snorkeling

    Water sport ekstrim ini memang yang paling dicari oleh para pecinta adrenalin sembari bermain dengan para manta dan ekosistem lain di air. Snorkeling dan diving adalah alasan mengapa wisata ini dikunjungi bukan hanya karena penampakan ribuan kalong saja. Pengelola wisata di dekat pelabuhan tentu telah menyediakan sewa masker, fin, pelampung, tabung gas hingga pakaian menyelam dan renang.

    Waktu terbaik untuk berkeliling Pulau Kalong adalah di malam hari. Banyak kelelawar mulai mencari makanan. Mereka meninggalkan sarang mereka dan terbang  berkelompok. Tak heran, langit akan ditutupi oleh makhluk-makhluk ini. Mereka cukup megah. Suasana berbeda ketika  menyaksikan kelelawar ini di pagi hari. Pada saat ini, mereka kembali ke sarang mereka. Anda bisa menyaksikan momen ini dari kapal Anda. Karena pulau ini ditutupi oleh hutan mangrove, Anda tidak bisa menjelajahinya dengan berjalan kaki. Belum lagi tidak ada dermaga.

    Tidak ada yang tahu di mana kelelawar mencari makanan. Bahkan pemandu wisata pun tidak memiliki informasi yang jelas mengenai masalah ini. Biasanya Kelelawar akan meninggalkan sarangnya di malam hari dan kembali lagi keesokan harinya. Inilah saat terbaik untuk mengamati pergerakan mereka. Semua pengunjung bisa menikmati pemandangan unik ini. Pulau Kalong merupakan titik kunjungan sebelum mengunjungi Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Di sekitar pulau ini dimungkinkan untuk menikmati snorkeling.

    Daya tarik lainnya adalah mangrove. Seperti disebutkan sebelumnya, Mangrove ini adalah rumah kelelawar. Karena alasan ini, penduduk setempat merawat mangrove dengan baik. Itu berarti tidak ada yang diperbolehkan memotong pohon. Apalagi dilarang menangkap ikan secara ilegal. Dengan peraturan ini, Pulau Kalong mempertahankan keindahan dan kelestarian alamnya. Inilah alasan mengapa wisatawan mancanegara sangat tertarik untuk mengunjungi Pulau Kalong selain atraksi lain di dekatnya.

    Fasilitas dan Akomodasi yang Tersedia di Pulau Kalong Labuan Bajo, NTT

    Ada berbagai macam fasilitas dan obyek wisata yang dapat Anda nikmatik di pulau Kalong ini. Ada baiknya mempelajari terlebih dahulu sebelum berangkat kesana. Agar bisa lebih efisien saat berada di lokasi wisata ini.

    Di lokasi ini, seperti dengan namanya terkenal akan habitat kalongnya. Pulau kecil dengan rimbunan hutan lebat dan dikelilingi air biru laut yang berisikan jutaan satwa dan tumbuhan laut ini merupakan rumah bagi ribuan kelelawar besar atau kalong yang pada siang hari bertengger di pepohonan dan berkeliaran pada petang hingga malam hari untuk berburu. Para pecinta hewan malam dan petualang sejati tentu tidak akan melewatkan daftar kunjungan mereka ke pulau ini.

    Waktu yang paling tepat untuk menyaksikan para kalong ini beraktivitas adalah sekitar pukul 6 petang. Namun, selain kalong terdapat juga banyak ular piton berukuran besar sebagai puncak rantai makanan sehingga keselamatan dan menghindari kecerobohan adalah prioritas utama para pengunjung yang harus diutamakan.

    Harga Tiket Masuk(HTM) ke Pulau Kalong

    Untuk dapat menikmati fenomena alamiah pulau ini Anda bisa memilih travel sailing trip yang menawarkan overnight stay di Pulau Kalong, biasanya harga sailing trip berkisar dari 1-2 juta untuk yang dari Labuan Bajo ke sekitar TNK atau bisa lebih dari 3 juta rupiah untuk perjalanan dari/ke Lombok-Labuan Bajo.

    Bila Anda ingin melakukan perjalanan sesuai keinginan Anda dan rombongan tentunya Anda juga bisa menyewa kapal motor cepat kayu yang dimiliki warga sekitar pelabuhan dengan harga mulai dari 750 ribu- 1,5 juta rupiah per harinya tergantung dari rincian tujuan perjalanan Anda dalam sehari serta jumlah orang yang ikut. Singgahlah sejenak di Pulau Kalong dan Anda akan benar-benar merasakan kehidupan liar tanpa gangguan manusia.

    Galery atau Foto Pemandangan di Pulau Kalong

    Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo

    Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo

    Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo

    Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo

    Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo

    Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo


    Penutup

    Biasanya kawasan pulau kalong ini menjadi salah satu tujuan wisatawan yang mengikuti sailing trip untuk melihat ribuan kawanan kelelawar beranjak dari peraduannya dan menghiasi langit terbang menuju daratan Pulau Flores saat matahari terbenam sekita pukul 6-an WITA. Pastikan kapal menepi ke sisi di mana matahari terbenam di depan mata kita dan keindahan kekuasan Sang Pencipta pun akan segera disaksikan, saat cahaya jingga dari matahari senja menerangi langit ribuan hewan hitam kecil nan lincah ini terbang sambil mengeluarkan suara-suaranya yang gemuruh menuju arah Labuan Bajo dan sekitarnya.


    Cukup sampai disini review dari bloggerntt.com mengenai Menikmati Sunset dengan Ditemani Jutaan Kelelawar di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo, semoga bermanfaat. Salam.
    Baca Juga
    SHARE
    Marko Kono
    Hi, My name is Marko. Pencinta Malam, Penyuka Hitam, Penikmat Gelap dan Pengurus Tapaleuk, hehehe 😃 Selain blogging, punya pekerjaan pribadi sebagai Staf Teknik bagian Pengawasan Proyek. Teknik Sipil menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupanya.
    Masukan Email Anda Untuk Dapatkan Update GRATIS!

    Artikel Terkait:

    Post a Comment

    Iklan Tengah Post