Iklan Billboard 970x250

Artikel Terkait

Untuk Anda yang mau mengirimkan karya literasimu, baik itu cerpen, puisi, esai dan karya literasi lainya, silahkan Anda buka disini Kirim Artikel. LINK UNDUH SUDAH SAYA PERBAIKI. (Khusus Pada Artikel Aplikasi Android )

×
Profil dan Biodata El Tari, Gubernur Nusa Tenggara Timur ke 2

Iklan 728x90

Profil dan Biodata El Tari, Gubernur Nusa Tenggara Timur ke 2

    Bloggerntt.com - Profil dan Biodata El Tari, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Mayor Jenderal TNI Anumerta El Tari (lahir di Sabu, Nusa Tenggara Timur, 18 April 1926 – meninggal di Kupang, 29 April 1978 pada umur 52 tahun) adalah Gubernur Nusa Tenggara Timur periode 12 Juli 1966 hingga 29 April 1978. Ia menjadi Gubernur NTT menggantikan W. J. Lalamentik.

    Kebijakan yang dilaksanakan adalah membentuk Desa Gaya Baru dari Kerajaan-kerajaan Tradisional. Terkenal dengan motto: "Tanam, Tanam, sekali lagi Tanam!"

    Sebelumnya, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 104 Tahun 1965 Tanggal 6 Mei 1965, El Tari diangkat sebagai Wakil Gubernur NTT dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Dr. Soemarno Sosroatmodjo, mendampingi Gubernur W. J. Lalamentik pada tanggal 18 Juli 1965.

    Profil dan Biodata El Tari, Gubernur Nusa Tenggara Timur ke 2

    El Tari kini dijadikan nama sebuah Bandara di Kupang, yaitu Bandar Udara Internasional El Tari.

    Saat revolusi ia menyatu dengan teman-temannya membentuk Korps Marinir dan menjadi Komandan Div Armada IV di Tegal. Ia ditugaskan pemulangan tawanan perang dari Pulau Galang ke Singapura dengan Sekoite Maru.

    Saat terjadi Clash I pertempuran di Purwakarta dia tertembak. Untung saja dia diselamatkan anggota sekampung, Hawu Dima, diobati dengan daun sirih untuk menghentikan darah lalu dititipkan pada penduduk.

    Setelah bisa bergerak ia bergabung dalam Batalyon Paradja di Yogyakarta sebagai Komandan Kompi (Div Sebrang Diponegoro). Lagi-lagi dia tertembak di Pemalang Selatan.

    Menjabat Gubernur NTT kedua, ia meletakkan dasar kerja keras dan tidak pilih kasih di antara begitu banyak suku di Provinsi NTT.

    Tahun 1967 ia sebagai Piterpra Korem NTT mengunjungi Timor Portugis atas undangan. Inilah pertama kali ia jatuh cinta pada masyarakat Timor Portugis.
    Baca juga:

    1. Profil dan Biodata W. J. Lalamentik, Gubernur Pertama Nusa Tenggara Timur
    2. Profil dan Biodata Ben Mboi, Dokter yang Pernah terjun Perang dan jadi Gubernur NTT ke 3
    3. Profil dan Biodata Hendrik Fernandez, Pencetus GEMPAR dan GERBADES di NTT
    4. Profil dan Biodata Herman Musakabe, Pencetus Nikah Masal dan Wajib kenakan Seragam Motif di NTT
    5. Profil dan Biodata Piet Tallo Gubernur NTT ke 6
    6. Profil dan Biodata Frans Lebu Raya, Pencetus Anggur Merah di NTT
    7. Profil dan Biodata Viktor Bungtilu Laiskodat, Petarung Jalanan yang jadi Gubernur NTT ke 8

    Sekitar tahun 1975, Gubernur NTT saat itu Elias Tari yang populer dengan dengan sebutan El Tari melakukan kunjungan ke Atambua, Ibukota Atambua.

    Kunjungan El Tari saat itu berkenaan dengan gejolak di Timor-timur yang berdampak pada adanya eksodus ke Atambua. Dan Kabupaten Belu dipimpin Bupati Markus Didoek.

    Mantan Camat Kota Atambua pertama, Jos A. Dias mengatakan, Gubernur El Tari adalah gubernur yang suka atau sering membuat akronim-akronim yang terkenal saat ini misalnya akronim Flobamora untuk menyebut Flores, Sumba, Timor dan Alor, Tirosa (Timor, Rote, Sabu).

    Menurut Jos Dias, ternyata istilah Aku Mau itu singkatan Atambua-Kupang dan Maumere.

    Gubernur El Tari ini sejak tahun 1975 sudah menginginkan agar tiga ibukota kabupaten ini diperjuangkan menjadi kotamadya.

    Dalam perjalanannya, impian ini tidak berjalan mulus. Dan yang terwujud hanyalah Kota Kupang dan Maumere yang sedang dalam proses.

    Sekian Profil dan Biodata El Tari, Pencetus Akronim FLOBAMORA. Semoga bermanfaat. Salam FLOBAMORA. Bae Sonde Bae, FLOBAMORA lebe Bae.
    Baca Juga
    SHARE
    Marko Kono
    Hi, My name is Marko. Pencinta Malam, Penyuka Hitam, Penikmat Gelap dan Pengurus Tapaleuk, hehehe 😃 Selain blogging, punya pekerjaan pribadi sebagai Staf Teknik bagian Pengawasan Proyek. Teknik Sipil menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupanya.
    Masukan Email Anda Untuk Dapatkan Update GRATIS!

    Artikel Terkait:

    Iklan Tengah Post