Iklan Billboard 970x250

Artikel Terkait

Untuk Anda yang mau mengirimkan karya literasimu, baik itu cerpen, puisi, esai dan karya literasi lainya, silahkan Anda buka disini Kirim Artikel. LINK UNDUH SUDAH SAYA PERBAIKI. (Khusus Pada Artikel Aplikasi Android )

×
Prinsip-Prinsip Dasar dalam Dunia Asuransi

Iklan 728x90

Prinsip-Prinsip Dasar dalam Dunia Asuransi

    Prinsip-Prinsip Dasar dalam Dunia Asuransi yang meliputi Insurable Interest, Utmost Good Faith, Proximate Cause, Indemnity, Subrogation, Contribution.Bloggerntt.com - Prinsip-Prinsip Dasar dalam Dunia Asuransi, Selamat datang di bloggerntt.com. Sebelumnya sudah saya posting Pengertian Asuransi, dan Klaim Asuransi Terlengkap yang menjelaskan semua tentang asuransi itu sendiri.

    Kali ini bloggerntt.com akan membahas Prinsip-Prinsip Dasar dalam Dunia Asuransi, silahkan simak penjelasanya di bawah ini :

    Baca juga :
    1. Pengertian Asuransi, dan Klaim Asuransi Terlengkap
    2. Alasan Memiliki Polis Asuransi
    3. Jenis-Jenis Asuransi Terbaik yang ada di Indonesia
    4. Penjelasan Cara kerja Asuransi
    5. Penjelasan Jenis Dan Macam Resiko Yang Dapat Diasuransikan


    Prinsip-Prinsip Dasar dalam Dunia Asuransi


    Apa Saja Prinsip-Prinsip Dasar dalam Dunia Asuransi?  

    Perlu untuk kita ketahui bersama, dalam dunia asuransi ada 6 buah prinsip dasar yang perlu dipenuhi, yaitu:

    1. Insurable Interest:

    Sebuah hak untuk mengasuransikan, yang muncul dari suatu hubungan keuangan antara pihak tertanggung dengan yang diasuransikan yang telah diakui secara hukum.

    2. Utmost Good Faith:

    Sebuah tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap segala fakta yang berupa material (material fact) mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik itu diminta maupun tidak. Hal ini berarti pihak penanggung harus dengan jujur menerangkan dengan jelas segala sesuatu yang berakitan dengan syarat atau kondisi dari asuransi tersebut. Pihak tertanggung juga harus bisa memberikan keterangan yang jelas dan benar atas objek atau kepentingan yang dipertanggungkan.

    3. Proximate Cause:

    Adalah sebuah penyebab aktif, efisien yang menimbulkan rentetan kejadian yang menimnbulkan suatu akibat tertentu tanpa adanya intevensi atau campur tangan yang dimulai secara aktif dari sumber yang baru dan indpenden.

    4. Indemnity:

    Sebuah mekanisme dimana penanggung menyediakan suatu kompensasi finansial dalam upaya menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang telah ia miliki sesaat sebelum terjadinya sebuah kerugian (KUHD pasal 252, 253 dan dipertegas dalam pasal 278).

    5. Subrogation:

    Pengalihan hak tuntut dari pihak tertanggung kepada pihak penanggung setelah klaim dibayarkan.

    6. Contribution:

    Hak pihak penanggung untuk mengajak pihak penanggung lainnya yang bersama-sama menanggung tetapi tidak memiliki kewajiban yang sama terhadap tertanggung untuk ikut memberikan indemnity.


    Nah itulah ke 6 prinsip dasar dalam dunia asuransi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.
    Jangan lupa berikan komentar Anda, kritik serta saran akan kami terima demi perkembangan bloggerntt.com kedepanya. Salam.

    Penelusuran terkait :

    • jenis asuransi
    • fungsi asuransi
    • produk asuransi
    • peran asuransi
    • pengertian asuransi secara umum
    • pengertian asuransi menurut para ahli
    • jenis jenis risiko asuransi
    • jenis perusahaan asuransi
    Baca Juga
    SHARE
    Marko Kono
    Hi, My name is Marko. Pencinta Malam, Penyuka Hitam, Penikmat Gelap dan Pengurus Tapaleuk, hehehe 😃 Selain blogging, punya pekerjaan pribadi sebagai Staf Teknik bagian Pengawasan Proyek. Teknik Sipil menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupanya.
    Masukan Email Anda Untuk Dapatkan Update GRATIS!

    Artikel Terkait:

    Post a Comment

    Iklan Tengah Post