Skip to main content

follow us

Bloggerntt.com - Pengertian Asuransi, dan Klaim Asuransi Terlengkap, Hallo sobat bloggerntt.com, kembali lagi saya bagikan informasi mengenai asuransi.

Pastinya sob kebanyakan belum paham apa itu asuransi kan? Nah pada kesempatan kali ini Bloggerntt.com akan menjelaskan secara terperinci apa itu asuransi, klaim asuransi dan jenis-jenis asuransi untuk kalian pahami.

Baca juga :
  1. Prinsip-Prinsip Dasar dalam Dunia Asuransi
  2. Alasan Memiliki Polis Asuransi
  3. Jenis-Jenis Asuransi Terbaik yang ada di Indonesia
  4. Penjelasan Cara kerja Asuransi
  5. Penjelasan Jenis Dan Macam Resiko Yang Dapat Diasuransikan



Silahkan ikuti penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Pengertian Asuransi. Apa itu Asuransi?

Pengertian asuransi jika dilihat dari asal katanya, yakni dari Bahasa Inggris insurance, maka pengertian asuransi adalah pertanggungan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua pihak.

Pihak pertama berkewajiban untuk membayar iuran, sementara pihak kedua berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa diri atau barang milik pihak pertama sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Berdasarkan pengertian asuransi tersebut, terdapat banyak hal yang dapat diasuransikan.

Mulai dari benda dan jasa, kesehatan manusia, tanggung jawab hukum, jiwa, serta kepentingan-kepentingan lainnya yang dapat hilang, rusak, rugi, atau berkurang nilainya.

Pengertian Klaim Asuransi. Apa itu Klaim Asuransi?

Pengertian Klaim asuransi adalah Sebuah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, untuk meminta pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian terkait perlindungan finansial atau ganti rugi.

Klaim asuransi sudah pasti hanya akan berlaku apabila risiko yang Anda ajukan penggantian telah tertera dengan jelas tanpa pengecualian.

Atau jika kondisi sudah memenuhi syarat khusus yang telah disebutkan sebelumnya di dalam polis

Premi Asuransi

Premi Asuransi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi.

Besarnya premi atas keikutsertaan di asuransi yang harus dibayarkan telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan-keadaan dari tertanggung.

Pengertian Klaim

Klaim adalah Satu tuntutan pengakuan atas suatu fakta bahwa seseorang berhak (memiliki atau mempunyai) atas sesuatu: pemerintah Indonesia akan mengajukan ganti rugi kepada pemilik kapal asing itu; 2 pernyataan tentang suatu fakta atau kebenaran sesuatu: ia mengajukan -- bahwa barang-barang elektronik itu miliknya; (Menurut KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Premi dan Polis Asuransi

Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi.

Besarnya premi atas keikutsertaan di asuransi yang harus dibayarkan telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan-keadaan dari tertanggung.

Polis Asuransi  adalah suatu perjanjian asuransi atau pertanggungan bersifat konsensual (adanya kesepakatan), harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian. Pada akta yang dibuat secara tertulis itu dinamakan “polis”. Jadi, polis adalah tanda bukti perjanjian pertanggungan yang merupakan bukti tertulis.

Pengertian Penangguh, Tertangguh,  Underwriting dan Mortalitas

Penangguh menurut asuransi jiwa adalah yang memberikan jasa dalam penanggulanggan risiko yang dikaitkan dengan hidup atau matinya seseorang yang diasuransikan.
Perusahaan Asuransi Jiwa merupakan badan hukum milik swasta atau badan hukum milik Negara.

Tertangguh adalah seseorang yang memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi, baik milik swasta ataupun milik Negara.

Underwriting menurut pengertian asuransi jiwa adalah proses penaksiran mortalitas atau morbiditas calon tertanggung untuk menetapkan apakah akan menerima atau menolak calon peserta dan menetapkan klasifikasi peserta.

Mortalitas adalah jumlah kejadian meninggal relatif di antara sekelompok orang tertentu, sedang morbiditas adalah jumlah kejadian relative sakit atau penyakit di antara sekelompok orang tertentu.

Definisi Asuransi Dari Sudut Finansial , Sosial, Dan Hukum

Sudut Sosial

Asuransi didefinisikan sebagai organisasi sosial yang menerima pemindahan risiko dan mengumpulkan dana dari anggota-anggotanya guna membayar kerugian yang mungkin terjadi pada masing-masing anggota tersebut. Kerugian setiap anggota dipikul bersama.

Sudut Finansial

Sebagai suatu alat untuk mengurangi risiko yang melekat pada perekonomian, dengan cara manggabungkan sejumlah unit-unit yang terkena risiko yang sama atau hampir sama, dalam jumlah yang cukup besar, agar probabilitas kerugiannya dapat diramalkan dan bila kerugian yang diramalkan terjadi akan dibagi secara proposional oleh semua pihak dalam gabungan itu.

Sudut Hukum 

Asuransi merupakan suatu kontrak (perjanjian) pertanggungan risiko antara tertanggung dengan penanggung. Penanggung berjanji akan membayar kerugian yang disebabkan risiko yang dipertanggungkan kepada tertanggung.

Sedangkan tertanggung membayar premi secara periodik kepada penanggung. Jadi, tertanggung mempertukarkan kerugian besar yang mungkin terjadi dengan pembayaran tertentu yang relatif kecil.

Jenis-Jenis Pembayaran Klaim Asuransi 

Pertama adalah pembayaran klaim murni, yakni pembayaran klaim karena klaim tersebut telah memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan sebagaimana dilampiri dengan dokumen pendukung yang lengkap.

Pembayaran klaim kedua disebut sebagai pembayaran klaim exgratia, yakni pembayaran klaim atas suatu risiko yang telah dijamin dalam polis.
Namun berdasarkan kondisi yang tercantum dalam polis sebenarnya kurang memenuhi persyaratan teknis yang diperlukan.
Pembayaran klaim tetap dilakukan mengingat adanya hubungan baik, tetapi dalam jumlah yang tidak sepenuhnya.

Pembayaran klaim lain disebut sebagai pembayaran klaim kompromis, yakni pembayaran klaim yang besarnya didasarkan pada kesepakatan para pihak yang bersangkutan karena terdapatnya perbedaan penafsiran teknis atas kerugian yang terjadi. Sumber dari asuransijiwaku.org

Langkah-Langkah Untuk Mengajukan Klaim Asuransi Anda


  • Ikuti petunjuk pengajuan klaim sebagaimana tertera secara lengkap didalam Polis Asuransi anda atau anda bisa menanyakan langsung kepada agen pemasar asuransi anda atau anda bisa cek di website perusahaan asuransi tempat anda ikut program asuransi tersebut.
  • Ajukan pemberitahuan secara tertulis kepada Perusahan Asuransi tempat dimana anda ikut program asuransi tersebut.
  • Ajukan formulir klaim yang sesuai dengan klaim yang anda ingin ajukan. Apabila Anda belum memiliki formulir terkait, anda bisa memintanya kepada agen pemasar anda atau anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat atau anda bisa download di website perusahan asuransi tempat dimana anda ikut program asuransi tersebut.
  • Isi formulir klaim dengan seksama dan sertakan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan untuk melakukan klaim.
  • Segera kirim/kembalikan formulir klaim Anda beserta dokumen-dokumen pendukung dalam batas waktu pengajuan klaim yang telah di tentukan oleh perusahaan yang tertuang dalam polis asuransi anda (biasanya maksimal 30 hari sejak peristiwa yang dipertanggungkan terjadi)

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Anda Ingin Mengajukan Klaim Asuransi Anda Agar Tidak Ditolak:



  • Polis Asuransi anda masih aktif (tidak batal/lapse) dan premi dibayarkan setiap bulan atau sesuai ketentuan.
  • Pembayaran premi asuransi jatuh tempo karena melewati masa tenggang, biasanya maksimal sekitar 45 hari. Sehingga jika ada kejadian setelah masa itu, asuransi tidak akan bertanggung jawab atas kerugian apapun yang di derita pemegang polis walaupun masuk dalam klausul polis.
  • Polis tidak dalam masa tunggu. Maksudnya masa tunggu adalah masa mulai berlakunya perlindungan asuransi. Katakanlah masa tunggu sekitar 30 hari. Polis asuransi dibeli tanggal 1 februari 2015. Kemudian ia mengalami sakit kritis pada tanggal 1 Maret 2015. Bila ia mengajukan klaim, asuransi akan menolaknya, karena belum melewati masa tunggu.
  • Perhatikan batas waktu yang telah di tentukan untuk mengajukan klaim sejak peristiwa terjadinya resiko tersebut, biasanya 3 x 24 jam, 14 hari, 30 hari, bahkan ada lebih dari 30 hari (tergantung ketentuan polis asuransi yang anda ikuti dan).
  • Klaim Tidak Tercakup Dalam Klausul. Polis asuransi berisi kesepakatan meliputi kriteria apa yang masuk dan tidak masuk dalam tanggungan asuransi. Contohnya Dalam asuransi mobil TLO, apa yang dimaksud dengan rusak berat bisa jadi berbeda-beda antara satu asuransi dengan asuransi lain. Bisa jadi minimal 70%, 75%, bahkan 80%. Jadi, asuransi tidak akan menanggung pembiayaan kerusakan, bila kerusakan tidak mencapai persentase yang disepakati.
  • Dokumen klaim tidak lengkap, jadi pastikan satu dokumen jangan ada yang kurang. Karena perusahaan asuransi akan menolaknya. Sebaiknya mungkin menghubungi pihak terkait untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.
  • Pastikan juga sudah mengisi Form Pengajuan Asuransi secara benar dan lengkap. Isilah sejujur-jujurnya dan sejelasnya karena perusahaan asuransi itu nantikan juga akan melakukan pengecekan.
  • Pastikan anda berobat di rumah sakit rekanan pihak asuransi, jangan sekali-kali memperbaiki atau berobat ditempat di luar rujukan asuransi.
  • Pemilik Polis telah memmiliki penyakit sebelum polis tersebut di beli.  Sekalipun masa tunggu telah dilewati, jika terbukti penyakit yang timbul sebenarnya sudah dialami sejak sebelum pembelian polis, asuransi akan menolak klaimnya. Jadi, pastikan Anda  masih dala keadaan sehat ketika membeli asuransi.
  • Pemegang Polis tidak melakukan tindakan melanggar hukum. Misalnya, bila ia memiliki asuransi mobil all risk kemudian mobilnya kecelakaan karena ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas, ia tidak dapat mengajukan klaim. Hal yang sama juga berlaku bila pemegang polis tidak memiliki SIM saat berkendara, parkir di sembarang tempat, dan mabuk.
  • Wilayah kejadian tidak termasuk dalam kesepakatan. Misalnya saja klaim hanya berlaku atau dilayani bila kejadian terjadi di wilayah tertentu.
  • Pemegang polis melakukan kejahatan asuransi. Misalnya saja tertanggung sengaja melakukan sabotase dengan cara melukai dirinya sendiri, membakar rumah sendiri, pura-pura menghilangkan mobilnya dan lain-lain.

Apa itu asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah sistem penanggungan biaya medis oleh instansi penyedia asuransi. Tentunya, orang sakit yang ditanggung pengeluaran medisnya ini adalah orang yang sudah terdaftar dalam sebuah asuransi.

Seperti yang sudah Anda ketahui, risiko mengalami sakit itu tidak bisa ditebak dengan pasti. Nah, pada saat inilah asuransi bisa jadi penyelamat Anda dari kerugian besar akibat biaya perawatan medis.

Teknisnya, apabila seseorang yang tertanggung (orang yang punya asuransi) suatu saat jatuh sakit, maka pihak penanggung (pihak asuransi kesehatan) yang akan memberikan biaya perawatan kesehatan ke rumah sakit, klinik, atau apotek.
Contohnya biaya konsultasi dokter, biaya obat-obatan, biaya rawat inap, sampai biaya tindakan operasi.

Asuransi Kesehatan Terbaik 2019

Berikut ini beberapa asuransi kesehatan terbaik :

  • Asuransi Kesehatan Prudential
  • Asuransi Kesehatan Allianz
  • Asuransi Kesehatan Axa

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda perlu mengerti prosedur klaim asuransi kesehatan untuk dua macam tipe perawatan, rawat inap dan rawat jalan.

•    Rawat Inap

1.    Penuhi syarat untuk melakukan klaim
Salah satu syarat utama untuk mengajukan klaim adalah masa aktif premi, Anda tidak dapat melakukan klaim apabila premi dalam keadaan tidak aktif. Anda pun harus memastikan bahwa telah melunasi seluruh cicilan premi.

Selain itu, pastikan bahwa polis itu tidak pada masa tenggang atau terdapat pengecualian tertentu seperti jenis penyakit atau metode perawatan yang dikecualikan, terutama jika polis Anda pernah mengalami lapse.

2.    Menghubungi pihak asuransi
Hal ini harus dilakukan sebelum Anda rawat inap atau selambat-lambatnya, jika pada keadaan darurat, 2x24 jam setelah rawat inap. Anda dapat menghubungi agen asuransi atau pihak pelayanan medis pihak asuransi.

3.    Sertakan dokumen pendukung
Pada saat menghubungi pihak asuransi, Anda harus menyertakan identitas diri berupa nama (sesuai dengan polis dan KTP), tanggal lahir, nomor telepon, nomor polis, nama rumah sakit atau dokter yang ingin dituju beserta surat rujukan dari dokter, gejala, dan kondisi medis yang terjadi yang menjadi alasan Anda harus melakukan rawat inap

4.    Pemilihan rumah sakit
Biasanya setelah pihak asuransi menerima data Anda, mereka akan memberikan referensi rumah sakit untuk dijadikan rekanan, walaupun dapat memilih sendiri rumah sakit yang diinginkan, asalkan masih di dalam daftar rumah sakit rekanan.

Karena daftar rumah sakit rekanan sering berubah-ubah, ada baiknya untuk memeriksa daftar terbaru dengan menghubungi pihak asuransi. Keuntungan melakukan perawatan di rumah sakit rekanan (provider) adalah tidak perlu membayar biaya perawatan di muka, dengan kata lain Anda tidak perlu mengeluarkan uang jaminan.

5.    Penyelesaian
Sesampainya di rumah sakit, Anda hanya perlu menunjukkan identitas polis (kartu asuransi) dan kemudian menyerahkan urusan administrasi pada pihak rumah sakit. Seluruh biaya perawatan akan ditanggung oleh pihak asuransi selama biaya tersebut masih di dalam batas maksimal yang tercantum di polis.

Ini berarti, penting untuk mengetahui batas maksimum manfaat asuransi kesehatan yang ditanggung. Selisih biaya harus ditanggung sendiri oleh pihak tertanggung dan harus dilunasi sebelum Anda meninggalkan rumah sakit.

•    Rawat Jalan
Cara di bawah ini juga berlaku untuk fasilitas rawat inap di rumah sakit non-provider, yang mana pihak tertanggung harus mengeluarkan sendiri biayanya, dan pihak penanggung akan melakukan pembayaran kembali setelah keluar dari rumah sakit.

1.    Pengisian formulir dengan menyertakan informasi yang lengkap dan benar.

2.    Melengkapi dokumen persyaratan klaim seperti:
       a.    Bukti pembayaran biaya perawatan dan tanda terima asli
       b.    Laporan lengkap dari dokter asli
       c.    Rincian biaya pengobatan dari dokter asli
       d.    Biaya obat-obatan dan jasa yang diberikan

3.    Mengajukan klaim secepatnya karena terdapat masa kadaluwarsa bagi setiap perusahaan asuransi untuk menerima klaim Anda.

Contoh Polis Asuransi

Terdapat beberapa contoh polis asuransi yang bisa Anda temukan seperti:

  1. polis asuransi mobil
  2. contoh polis asuransi pdf
  3. contoh asuransi pendidikan
  4. contoh polis asuransi jiwa
  5. macam macam polis asuransi
  6. makalah polis asuransi
  7. contoh polis asuransi kebakaran 
  8. contoh polis asuransi pendidikan
  9. contoh polis asuransi kendaraan bermotor

Sekian informasi Pengertian Asuransi, dan Klaim Asuransi Terlengkap dari bloggerntt.com. Semoga bermanfaat. Salam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar