Kumpulan DOA BUKA PUASA untuk Bulan Ramadhan 2019 1440 H

Waktu Membaca Doa Buka Puasa,Keutamaan Doa Menjelang Buka Puasa,Doa Buka Puasa Dzahaba Dzoma’u,Doa Buka Puasa Allahumma Laka Shumtu,Gabungan,Doa Niat Puasa dan Buka Puasa Ramadan 1440 Hijriah Beserta Artinya,Doa Niat Puasa Ramadhan,Doa Berbuka Puasa Ramadhan,Doa Buka Puasa Sunnah Bulan Rajab 1440 H Lengkap dengan Lafaz Latin dan ArtinyaBloggerntt.com - Kumpulan DOA BUKA PUASA untuk Bulan Ramadhan 2019 1440 H, Di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, kembali bloggerntt.com membagikan beberapa Doa Buka Puasa untuk Anda gunakan dalam melaksanakan ibadah Puasa. Di antara sunnah puasa Ramadhan adalah menyegerakan berbuka dan membaca doa buka puasa.


Sebagai pengantar sebelum mengetengahkan doa buka puasa, perlu diketahui bahwa dalam hadits tidak hanya satu bentuk doa.

Ada beberapa yang bisa diamalkan karena derajat haditsnya shahih atau setidaknya hasan.

Ini justru memudahkan kita hendak memilih yang mana di antara doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Waktu Membaca Doa Buka Puasa

Di Makkah dan Madinah, karena memahami keutamaan doa menjelang buka puasa, banyak kaum muslimin yang menengadahkan tangan untuk berdoa sejak satu jam sebelum adzan Maghrib. Sebab saat-saat itu adalah saat mustajabah untuk berdoa.

Lalu, anjuran memperbanyak doa saat berbuka itu kapan?

Maksudnya adalah memperbanyak doa menjelang berbuka. Jadi, sebelum berbuka, perbanyaklah doa. Doa apa saja baik untuk kebaikan dunia maupun untuk kebaikan akhirat.

Untuk kebaikan akhirat ini jangan sampai dilupakan.

Keutamaan Doa Menjelang Buka Puasa

Doa pada saat itu tidak akan ditolak oleh Allah Subhanahau wa Ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

“Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah; hasan)

Yang dimaksud dalam hadits ini adalah doa menjelang dan saat berbuka. Bagi orang yang berpuasa, sepanjang waktu puasa adalah waktu mustajabah untuk berdoa.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

ثَلَاثٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا اللَّهُ فَوْقَ السَّحَابِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (HR. Tirmidzi dan Thabrani; hasan)

Jadi sepanjang waktu puasa mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari adalah waktu yang mustajabah untuk berdoa. Namun yang lebih mustajabah lagi adalah menjelang berbuka puasa. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Tirmidzi:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا فَوْقَ الْغَمَامِ وَتُفَتَّحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ وَعِزَّتِى لأَنْصُرَنَّكِ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi. Doa mereka di angkat ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya. Rabb Azza wa Jalla berfirman: “Demi kemuliaanku, engkau akan kutolong meski beberapa saat lamanya.” (HR. Tirmidzi dan Thabrani; hasan)

Doa Buka Puasa Dzahaba Dzoma’u


ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

(Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-aLlah)

Artinya: “Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah”

Doa Buka Puasa Allahumma Laka Shumtu

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

(Allohumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu)

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka”

Doa ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, dinilai hasan oleh Syaikh Nasiruddin Al-Albani dalam Misykatul Mashabih, namun didhaifkannya dalam Shahih wa Dhaif Al Jami’u Ash Shaghir dan kitab-kitab lainnya.

Baca juga:


Doa Gabungan

Doa gabungan ini ada dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu yang disusun oleh Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili. Beliau menyebutnya sebagai doa buka puasa yang ma’tsur.

Bacaan doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَ بِكَ آمَنْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اغْفِرْلِىيْ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَعَانَنِيْ فَصُمْتُ وَرَزَقَنِيْ فَأَفْطَرْتُ

(Allohumma innii laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamantu, dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-aLlahu ta’ala. Yaa waa si-al fadhli ighfirlii, alhamdulillaahil ladzii a’aananii fashumtu wa rozaqonii fa-afthortu)

“Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu. Kepada-Mu aku bertawakal dan kepada-Mu aku beriman. Dahaga telah lenyap, urat-urat telah basah dan pahala telah pasti didapatkan, insya Allah. Wahai Tuhan yang luas karunia-Nya, ampunilah dosaku. Segala puji bagi Allah yang telah membantuku sehingga ku dapat berpuasa dan memberiku rezeki sehingga aku dapat berbuka.”

Doa Niat Puasa dan Buka Puasa Ramadan 1440 Hijriah Beserta Artinya

Berikut ini adalah Doa Niat Puasa dan Buka Puasa Ramadan 1440 Hijriah Beserta Artinya:

Waktu membaca niat puasa Ramadhan dapat dilakukan mulai selesai salat Isya' hingga sebelum matahari terbit atau sebelum waktu imsya'.

Doa Niat Puasa Ramadhan 

Berikut bacaan niat puasa Ramadhan beserta terjemahnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihis-sanati lillahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah Ayat 187 yang artinya: "Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam".

Dan juga di jelaskan dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim: Dari Umar bin Khathab ra bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Apabila malam telah datang dan siang beranjak pergi serta matahari telah terbenam maka orang yang berpuasa telah waktunya berbuka."


Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Berikut ini adalah doa berbuka puasa Ramadhan:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."

Doa Buka Puasa Sunnah Bulan Rajab 1440 H Lengkap dengan Lafaz Latin dan Artinya

Nah, untuk kalian yang menjalankan puasa sunnah Bulan Rajab, berikut doa berbuka lengkap dengan lafaz latin dan artinya.

Pertama seperti di bawah ini:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allaahummalakasumtu wabika amantu wa'aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin"

Artinya :

"Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih"

Selanjutnya ada juga yang menggunakan doa berikut:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

"Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah"

"Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah (jika Allah menghendaki)."


Semoga Puasa Ramadhan 1440 H berjalan dengan lancar. Semoga Kumpulan DOA BUKA PUASA untuk Bulan Ramadhan 2019 1440 H yang bloggerntt.com bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Salam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel