Skip to main content

follow us

Bloggerntt.com - Kumpulan Contoh Pidato singkat Kesehatan Terbaru, selamat datang kembali di bloggerntt.com. Apa kabar kawan? Semoga Anda sehat selalu, sehingga bisa membaca posting saya kali ini. Sebelumnya sudah saya buatkan Contoh Pidato singkat tentang Generasi Milenial Terbaik , untuk para generasi milenial.

Sobat, perlu kita sadari bersama kesehatan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia.

Kesehatan sendiri adalah harta berharga yang sering sekali manusia lupa akan hal ini.

Baca juga:



Sekarang ini memang banyak penyakit bisa disembuhkan dengan membayar sejumlah uang seperti berobat di rumah sakit, puskesmas, atau bahkan memiliki dokter pribadi sendiri.

Hidup sehat tidak hanya berbicara tentang terbebas dari penyakit tetapi berbicara dengan segala aspek kehidupan manusia.

Jika tubuh kita terbebas dari penyakit, spiritual/jiwa/pikiran yang bagus, emosi stabil baru bisa dikatakan sehat.

Secara umum kesehatan terbagi menjadi dua : kesehatan fisik /jasmani dan kesehatan mental/ jiwa.

Masalah kesehatan merupakan faktor yang sangat penting.

Kumpulan Contoh Pidato singkat Kesehatan Terbaru

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati Bapak dan Ibu guru serta teman-teman sekalian yang saya kasihi. Marilah kita haturkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas berkah, rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dan masih diberikan kesehatan hingga saat ini. Shalawat serta salam juga tak lupa selalu tercurahkan pada junjungan Nabi Muhammad SAW karena atas tuntunannya kita dapat berada di jalan yang terang yaitu Islam. Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional 2019, maka saya akan menyampaikan sedikit mengenai kesehatan tubuh kita.

Kesehatan memang menjadi sesuatu yang sangat mahal untuk bisa kita rasakan karena ketika kesehatan kita mulai bermasalah maka biaya pengobatan yang harus dikeluarkan juga cukup besar tentunya. Pasti anda sudah sering mendengar istilah lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal tersebut memang benar karena dengan membentuk pola hidup yang lebih sehat maka kita tidak perlu mengeluarkan lebih banyak dana untuk melakukan langkah pengobatan.

Pada dasarnya tidaklah sulit bagi kita untuk bisa mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan bugar. Hal tersebut bergantung pada seberapa besar keinginan kita untuk tetap bisa hidup sehat dan memperbaiki kebiasaan yang kurang baik. Berkaca pada gerakan masyarakat sehat yang prinsipnya ada tiga langkah besar yaitu melakukan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur serta melakukan cek kesehatan. Selanjutnya akan saya bahas satu per satu mengenai ketiga prinsip dasar gerakan masyarakat sehat atau GERMAS tersebut.

Hadirin sekalian, melakukan aktivitas fisik memang tidak selalu mengenai olahraga berat. Tetapi anda bisa memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan, berkebun atau kegiatan lainnya setidaknya selama 30 menit sehari. Tidak hanya difungsikan untuk membakar kalori di dalam tubuh tetapi juga menjaga kebugaran tubuh anda. Melakukan aktivitas fisik yang ringan tetapi teratur tentu akan memberikan efek lebih baik daripada anda olahraga berat tetapi tidak teratur. Sehingga mulailah untuk membiasakan diri dengan memperbanyak aktivitas fisik dibandingkan hanya berdiam diri dan bergerak statis.

Prinsip yang kedua adalah konsumsi buah dan sayur sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya. Fungsi dari konsumsi buah dan sayur ini adalah untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh selain kita juga akan mendapatkan asupan nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Fungsi dari serat itu sendiri selain untuk memperlancar proses pencernaan juga dapat mengatur kadar gula darah, mengontrol kolesterol hingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh juga akan semakin maksimal dengan adanya konsumsi serat secara tepat.

Hadirin sekalian, prinsip terakhir adalah cek kesehatan 6 bulan sekali. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar kita mengetahui lebih dini jika sampai ada perkembangan penyakit tertentu di dalam tubuh. Apalagi jika ada perkembangan penyakit berbahaya seperti kanker maka akan bisa dicegah lebih dini pertumbuhannya. Mengatasi penyakit sedini mungkin tentu akan meningkatkan persentase kemungkinan kesembuhannya menjadi lebih besar. Hal tersebut akan menguntungkan karena anda tidak perlu sampai merasakan penyakit yang luar biasa.

Sekian sedikit pidato mengenai kesehatan dari saya, semoga kita tetap diberikan kesehatan dan selalu dilindungi kapanpun dan dimanapun.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Kesehatan Mata

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Yang terhormat Ibu Maria Sp,d selaku guru pembimbing  Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya cintai
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, atasberkah dan rahmatnya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga Kesehatan Mata”
Setiap orang pasti menginginkan kondisi matanya tetap dalam keadaan sehat sampai kapanpun. Mata memang anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia karena peranannya sangat besar. Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak kebiasaan atau pekerjaan sehari-hari yang dapat mereduksi fungsi mata seperti menonton televisi terlalu dekat, bermain game berlebihan atau terlalu lama memandangi sinar matahari.
Agar mata Anda masih tetap berfungsi sebagaimana mestinya, Anda wajib untuk menjaga dengan baik. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata Anda.
1.   Perhatikan jarak saat menonton televisi atau membaca
Jarak yang bisa dikatakan aman untuk menonton televisi ialah 2 meter untuk ukuran 14 inchi dan 3 meter untuk ukuran yang lebih besar lagi. Sebaiknya, gunakan televisi berukuran kecil saja supaya tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda.
2. Lamanya duduk di depan komputer atau televisi
Usahakan tidak menatap layar komputer atau televisi dalam jangka waktu lama sekaligus. Anda bisa mengatur agar setiap 1-2 jam sekali, anda lakukan aktifitas berjalan selama 5-10 menit sehingga pandangan tidak fokus pada satu tempat.
3.  Melakukan olahraga
Menurut hasil studi, olahraga bermanfaat untuk menurunkan ketegangan di mata sehingga merurangi resiko glukoma. Ada banyak ragam olahraga yang bisa Anda lakukan mulai dari jogging, treadmill, ke gym dan lainnya yang bisa dilakukan secara konsisten.
4. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.
Begitu banyak kegunaan mata bagi kehidupan kita, betapa pentingnya menjaga kesehatan mata dengan baik. Mata juga memiliki berbagai kelemahan maka dari itu kita harus menghindari kebiasaan – kebiasaan yang dapat mengurangi bahkan merusak fungsi mata kita. Marilah kita menjaga kesehatan mata kita yang beberapa caranya telah saya sampaikan seperti tidak menonton televise dalam jarak dekat, tidak terlalu lama didepan kompurter dan lain sebagainya.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahandalam bertutur kata saya mohon maaf. Aas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Wabilahi taufik walhidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Contoh pidato singkat tentang kesehatan makanan

Asalamualaikum Wr. Wb, Selamat pagi dan salam sejahtera.

Yang terhormat kepala SMKN 02 Kupang, yang terhormat wakil kepala SMAKN 2 Kupang, yang saya hormati bapak ibu guru beserta staf tata usaha, serta teman teman yang saya sayangi.

Marilah kita bersama bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmatnya kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.Saya ingin berterima kasih kepada ibu guru dan teman-teman yang telah memberikan kesempatan yang baik ini bagi saya.Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai makanan sehat 4 Sehat 5 Sempurna.

Hadirin yang berbahagia,

Sehat adalah keadaan sejahtera dari seseorang secara jasmani maupun rohani.
Oleh karena itu kita harus menerapkan pola makan sehat yaitu dengan cara makan-makanan yang bergizi seimbang,mengandung serat,dan zat-zat yang diperlukan tubuh.Misalnya karbohidrat,protein,vitamin,mineral,dan sedikit lemak tak jenuh,atau lebih tepatnya lagi disebut dengan 4 Sehat 5 Sempurna.

Namun,jauhilah makan- makanan yang tidak sehat seperti junk food,dan lain-lain karena makanan-makanan tersebut berbahaya dan akan menimbulkan Kolesterol,Stroke,dan serangan jantung.Dengan menerapkan pola makan sehat tubuh juga akan sehat,mencegah kegemukan,dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan semoga Tuhan senantiasa menjaga kesehatan kita. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.


Contoh Pidato Singkat Kesehatan Jantung

Assalamum Wr, Wb.

Bismillah, Alhamdulillah.
Alhamdulilllahinasta;inuhu wanastaghfiruh, wana’udzubillahimin syururi anfusina, wamin sayyiati
a’malina, mayyahdillah fala mudzillalah.
Wash sholatuwassalamu’ala rosulillah, sayyidina muhammadibni abdillah. La khaula wala quwwata
illabillah. Ammab’du.
Puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan karunia, meberikan kenikmatan
kepada kita semua, sehingga kita bisa berkumpul di suatu tempat yang insyallah penuh barokah ini.
Sholawat serta salam, semoga tetap tecurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang
semoga tercurah kepada para sahabat keluarga dan umatnya besok mendapatkan syafaat di hari akhir.
Hadirin yang saya hormati
Pada kesempatan hari ini, saya akan menyampaikan pidato dengan judul kejujuran.
Sebelumnya akan saya tanya kepada hadirin, apakah hadirin pernah bohong? Pernaaaah (jawab hadirin)
Ya, sebagian besar manusia awam sudah pernah berbohong alias tidak jujur. Padahal jujur itu hal yang
sangat dianjurkan bahkan diwajibkan dalam agama Islam. Mengapa demikian? Coba saja misalnya kita
tidak juju, melakukan sholat maghrib yang 3 rokaat kita korupsi menjadi 1 rokaat, itu namanya tidak
jujur benarkah???
Hadirin yang dirahmati Allah
Berani jujur itu hebat! Karena terkadang jujur itu rasanya pahit, sepahit obat. Hehehe
Pengertian jujur secara sederhana adalah menyampaikan sebuah informasi yang sebenar-benarnya
tidak mengurangi ataupun tidak menambahi. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena
jujur adalah prinsip dasar yang merupakan cerminan dari akhlak seseorang. Apabila seseorang selalau
bersikap jujur, maka bisa dipastikan orang tersebut memiliki sikap, perilaku dan akhlak yang baik.
Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 70 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman,
bertakwalah kamu kepada Allah dan Katakanlah Perkataan yang benar"
Ada juga hadis dari rasulullah yang memerintahkan umatnya berkata jujur, “Tetap berpegang eratlah
dalam kejujuran, walau kamu seakan akan melihat kehancuran dalam berpegang teguh pada kejujuran,
tapi yakinlah bahwa didalam kejujuran itu terdapat keselamatan”
Dalam kehidupan sehari-hari kita perlu kejujuran karena bisa mendatangkan banyak manfaat, mislanya
manfaat dari sifat jujur diantaranya: tidak akan menimpulkan permasalahan, akan terhindar dari dosa,
mendapatkan pahala, dipercayai orang dan masih banyak lagi.
Hadirin yang saya hormati
Kita sebagai umat nabi Muhammad harus bisa meneladasi sifat beliau yang dijuluki Al Amin ini, akarena
beliaulah yang besok akan memberikan syafaat kepada kita semua.
Mulailah berkata jujur berbuat jujur dari hal yang paling mudah dalam kehidupan sehari-hari, misalnya
bertuturkata yang baik, benar dan jujur, memberikan informasi yang jujur.
Dengan demikian marilah kita bersama-sama memperbaiki perilaku dan pribadi kita dengan berkata
jujur, berperilaku yang baik.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Kesehata Gigi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan ini, saya akan  menyampaikan pidato singkat tentang Kesehatan Gigi.

Gigi adalah salah satu alat pencernaan. Fungsinya untuk memotong dan mengunyah makanan. Makanan yang sudah dikunyah oleh gigi akan ditelan ke dalam perut untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Bila gigi mengandung kuman penyakit, maka makanan yang dikunyah juga akan mengandung kuman penyakit dan masuk ke perut lalu diserap oleh tubuh. Mulut dan gigi adalah pintu masuk ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan gigi sangat penting untuk dilakukan. Kesehatan gigi berkaitan dengan kesehatan tulang dan jantung bahkan organ lainnya. Gigi yang tidak sehat dapat mempengaruhi organ lainnya. Untuk menjaga kesehatan gigi, maka diperlukan minimal dua kali menggosok gigi. Yaitu sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Menyikat gigi juga dianjurkan setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Karena gula dapat merusak gigi.


Bila sisa makanan tidak dibersihkan. Maka sisa makanan tersebut akan menjadi tempat koloni kuman. Kuman tersebut berkembang biak menjadi karang gigi. Yang menyebabkan gigi berlubang dan gusi berdarah. Bila tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut maka dapat menyebabkan; sakit gigi, gigi keropos, bau mulut, gigi goyang, gigi kuning, gigi linu, karang gigi, gusi berdarah, sariawan dan lain-lain.

Untuk menjaga kesehatan gigi sangat dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter gigi enam bulan sekali. Mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi seperti ikan, susu, sayur-sayuran, buah-buahan. Menghindari makanan yang manis-manis dan asam seperti permen dan asam jawa. Membersihkan gigi dan karang gigi secara rutin.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan gigi ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nah itulah ke 5 contoh pidato singkat Kesehatan terbaru yang bisa bloggerntt.com bagikan kali ini. Semoga bermanfaat. Salam.

Penelusuran Terkait:

  • Contoh Pidato Singkat Kesehata Gigi
  • Contoh Pidato Singkat Kesehatan Jantung
  • Contoh pidato singkat tentang kesehatan makanan
  • Contoh Pidato Singkat Kesehatan Mata
  • Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan Badan

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar