Skip to main content

follow us

Bloggerntt.com - Contoh Pidato singkat tentang Generasi Milenial Terbaik, Pernahkah anda berfikir di era yang canggih ini memiliki pengaruh yang besar dalam pergerakan dunia yang menyebabkannya tanpa batas sehingga informasi baik positif maupun negatif akan bisa diperoleh dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Generasi kita khususnya para anak muda perlu dihimbau untuk menjadi bijak dalam memanfaatkan teknologi yang sudah ada ini.

Pengaruh IPTEK atau ilmu pengetahuan dan teknologi harus sejalan dengan pemanfaatan yang baik.

Baca juga:


Dan sebenarnya hal ini tergantung dari pengguna nya itu sendiri.

Maka, para orang tua, guru pendidik, orang disekitarnya sangat penting untuk menanamkan jiwa yang bijak dalam menyikapi era milenial ini.


Generasi milenial, generasi jaman now.

Salah satu cara membangkitkan semangat generasi milineal dalam menghadapi gempuran teknologi adalah dengan memberikan pidato singkat saat upacara di sekolah.

Berikut ini bloggerntt.com akan menyajikan Contoh Pidato singkat tentang Generasi Milenial Terbaik sebagai referensi Anda.

Contoh Pidato singkat tentang Generasi Milenial Terbaik


Assalamualaikum. Wr. Wb. Salam Damai Sejahtera
Yang saya hormati dekan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana
Yang saya hormati bapak / ibu dosen fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana
Dan yang saya banggakan rekan-rekan mahasiswa sekalian

Atas segala nikmat dan karunianya yang menjadikan perkumpulan kita ini menjadi semakin bermakna. Semoga forum ini semakin menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita terlebih bagi masyarakat luas. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan umat beliau.

Pertama kalinya saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada bapak dekan, dosen, dan rekan mahasiswa sekalian yang tergabung dalam BEM fakultas FISIP Universitas Nusa Cendana yang telah memfasilitasi terselenggaranya acara yang sangat luar biasa ini. terima kasih juga saya sampaikan atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk sedikit menyampaikan pidato yang bertemakan tentang generasi muda.

Hadirin yang saya hormati,

Jika kita berbicara tentang generasi muda khususnya di Indonesia, kita bisa bercermin pada kondisi mereka pada masa tahun 1900-an. Generasi muda pada saat itu dikenal sebagai pemuda yang menjadi perintis munculnya persatuan dan kesatuan dalam cakupan simbolisasi tanah air, kebangsaan, dan nasionalisme melalui sumpah pemuda. Generasi muda adalah kaum yang paling potensial dalam melakukan perubahan. Pada segmentasi usia ini para pemuda memiliki tingkat kecerdasan, stamina, semangat, dan hal-hal baik lainnya yang mengungguli segmentasi usia lainnya. Oleh karenanya pemuda dapat dikatakan sebagai pionir utama yang sangat berpengaruh terhadap peradaban di masa mendatang.

Namun bagaimanakah kondisi generasi muda di Indonesia pada saat ini? banyak diantara para pemuda yang terjerumus narkoba, pergaulan bebas, tawuran, dan beberapa kelakuan buruk lainnya. Di sisi lain beberapa diantara pemuda dewasa ini juga secara pemikiran telah teracuni dengan doktrin-doktrin berbahaya seperti misalnya radikalisme, pragmatisme, hedonisme, atheisme, dan lain sebagainya. Tentu hal semacam ini sangatlah berbahaya, mengingat kaum muda adalah generasi selanjutnya yang akan memikul tanggung jawab besar terhadap masa depan bangsa dan negara. Akan jadi seperti apa nasib bangsa ini ke depannya jika kaum muda telah terjangkiti pengaruh buruk sebagaimana telah dijelaskan tadi? Tentu tak dapat terbayangkan masa depan bangsa dan negara Indonesia jika generasi mudanya didominasi oleh pemuda yang hancur secara moral, etika, dan tingkah lakunya.

Hadirin yang saya hormati,

Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan para pemuda yang memiliki semangat juang tinggi, berjiwa nasionalis, bertanggung jawab, cerdas, tekun, berani, dan religius. Pertanyaannya adalah masih adakan pemuda dengan jiwa seperti itu di zaman ini? sama seperti halnya sebuah peradaban, pembentukan karakter generasi muda tidaklah terlahir begitu saja. Terlebih generasi muda harapan bangsa yang memiliki karakter cerdas, berjiwa nasionalis, religius, dan nilai-nilai idealis lainnya. Dibutuhkan adanya upaya menuju pembentukan generasi muda yang semacam itu. Bukan hanya sebatas harapan, keinginan, atau bahkan impian kosong dalam mewujudkannya. Apa yang dapat dilakukan oleh para orang tua di zaman ini demi membentuk karakter idealis para pemuda?

Hadirin yang saya hormati,

Lagi-lagi faktor pendidikan menjadi solusi utama dalam menjawab persoalan ini. Generasi terbaik di awal-awal pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia terdahulu juga terlahir dengan sebab pendidikan sebagai latar belakang mereka. Pendidikan turut mengubah pola pikir yang selanjutnya akan berpengaruh pada perilaku dan sikap dalam bertindak. Orang yang berpendidikan akan lebih matang dalam menghadapi setiap masalah yang ada. Mereka memiliki kecenderungan untuk menemukan solusi terhadap masalah yang ada pada dirinya terlebih lagi masalah yang ada pada lingkungan disekitarnya. Pendidikan juga membawa kedewasaan dalam berpikir dan bertindak sehingga segala keinginan untuk berbuat hal negatif akan terfilter dengan sangat baik dalam diri seseorang. Pola pikir yang berlandaskan pendidikan tentu akan membuat seseorang berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara, terlebih dalam melakukan tindakan apapun. Sehingga perilaku buruk dan negatif akan dengan mudah terbendung dengan adanya pola pikir yang berlandaskan pendidikan. Disisi lain, pendidikan juga memuat nikai-nilai karakter yang bertujuan membentuk pribadi generasi muda yang cerdas, berakhlak, bertanggung jawab, nasionalis, cinta tanah air, disiplin, dan lain sebagainya. Karenanya urgensi pendidikan masih harus tetap ditanamkan ke dalam pribadi setiap generasi muda untuk dapat belajar setinggi-tingginya demi kebaikan dan masa depan mereka. Secara tidak langsung generasi muda yang terbentuk karakter idealnya akan berpengaruh pula pada perkembangan bangsa dan negara di masa depan.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan melalui pidato singkat tentang generasi muda ini. generasi muda adalah kader bangsa penerus estafet perjuangan di masa depan. Karenanya menjadi penting untuk mengawal proses pembentukan karakter ideal generasi muda melalui sarana apapun, tak terkecuali dengan adanya pendidikan. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampunan.


Contoh 2:

Yang Terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah.. Yang saya hormati Bapak/Ibu guru serta staf -staf lainnya.. Yang saya banggakan para siswa dan siswi yang bapak banggakan..

Alhamdulillah.. Puji syukur mari kita panjatkan kepada ALLAH SWT, karena berkat rahmat dan segala karunianya yang telah diberikan untuk kita semua sehingga kita diperkenan untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan baik dan sehat. Tak lupa juga sholawat dan salam semoga tercurahkan untuk junjungan kita semua, Nabi Muhammad SAW. Semoga pada akhirnya kita semua yang berada di tempat ini mendapatkan safaatnya di akhir jaman nanti, Amin ya robball alamiin..

Pada kesempatan kali ini saya senang untuk bisa berdiri di tempat ini untuk memberitahukan suatu kondisi yang patut diperhatikan oleh semua anak muda. Mungkin pemuda dan pemudi disini sudah tahu ya apa sih arti pemuda itu? Pemuda dan pemudi yakni kaum muda yang bersemangat memiliki pengaruh yang sangat besar dalam proses pembangunan bangsa kita ini, bangsa Indonesia. Dimana pemuda akan menjadi harapan untuk kemajuan negara melalui ide -ide kreatif, berilmu dan juga berwawasan luas sesuai dengan norma dan hokum yang berlaku.

Nah, pada zaman sekarang ini kita telah memasuki era baru yang biasa kita sebut dengan generasi milenial. Sekarang informasi sangat mudah di dapat, dimana saja dan kapan saja kita bisa mendapatkan apa yang kita butuhkan. Karena kemudahan inilah kita terkadang tidak bisa memilah mana informasi yang baik dan mana yang tidak pantas. Dunia menjadi semakin tanpa batas, maka para anak muda atau generasi muda saya himbau untuk jangan sesekali berfikir untuk mengikuti tren dunia ini yang semakin buruk tanpa memfilternya sama sekali. Kalian sebagai pelanjut generasi perjuangan harus selektif dan tidak ingin diolah oleh perkembangan teknologi. Sebaliknya kalian lah yang mengolah teknologi untuk kemajuan bangsa.

Untuk bisa meningkatkan kualitas dan kinerja untuk generasi ini, kalian dituntut untuk belajar secara cepat, beradaptasi dengan cepat dan juga melakukan segala sesuatu yang kreatif untuk bisa memecahkan masalah apapun yang timbul. Jangan sampai anda dan saya hanya menjadi penonton dari persaingan ketat pada era milenial sekarang ini. Mari teruslah belajar dan manfaatkan perkembangan teknologi yang ada sekarang ini. Contoh kecil nya saja, gunakanlah Handphpne smartphone atau yang berbasis android milik anda hanya untuk bermain game atau bermain jejaring social, namun sebaliknya sediakanlah waktu untuk belajar dan juga melihat perkembangan informasi yang ada. 

Mungkin ini sedikit yang bisa saya sampaikan semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb..

Nah itulah 2 Contoh Pidato singkat tentang Generasi Milenial Terbaik yang bisa bloggerntt.com bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat. Salam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar