Skip to main content

follow us

Bloggerntt.com - 5 Contoh Pidato singkat tentang Pendidikan terbaru, selamat datang kembali di bloggerntt.com. Pada kesempatam kali ini, saya akan membagikan beberapa contoh singkat pidato pendidikan terbaru. Sobat, betapa pentingnya arti dari sebuah pendidikan.

Sob, pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita.

Tanpa adanya pendidikan maka mungkin kita tidak akan pernah memiliki ilmu pengetahuan, membaca, menulis dan banyak lagi hal lainnya yang tidak kita ketahui tanpa adanya pendidikan.

Betapa pentingnya arti sebuah pendidikan bagi kita sampai-sampai sebagai manusia kita harus mencari dan mempelajarinya.

Baca juga:



Bloggerntt.com akan membagikan beberapa pidato pendidikan singkat terbaik untuk digunakan pada saat mengisi sebuah acara peringatan hari pendidikan atau hanya sekedar mengisi pidato pada apel pagi di sekolah.

5 Contoh Pidato singkat tentang Pendidikan terbaru

Para bapak dan ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya banggakan. Marilah bersama-sama kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat serta hidayahnya jualah kita hari ini bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat tanpa ada kekurangan suatu apapun.

Hadirin sekalian yang berbahagia, di zaman globalisasi saat ini kita seakan-akan semakin dimanjakan dengan teknologi yang semakin canggih. Meskipun dengan adanya teknologi kita mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari, namun kemudahan-kemudahan tersebut justru kadang membawa dampak buruk bagi kita.

Maka dari itu marilah sejenak kita melihat kehidupan di sekitar kita yang kian terpengaruh perkembangan teknologi. Contohnya saja internet, teknologi ini sekarang semakin mudah diakses oleh siapapun baik itu orang tua maupun anak muda. Jika kita mau berpikir lebih terbuka, sebenarnya terdapat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari internet. Misalnya saja kita bisa mendapatkan berbagai informasi, komunikasi menjadi semakin mudah, bahkan banyak orang yang menjadi kaya karena adanya internet. Namun sangat disayangkan banyak pihak yang menyalahgunakan fungsi teknologi internet ini, contohnya saja semakin maraknya penipuan, pornografi, pembajakan, dan masih banyak lagi.

Internet juga merupakan salah satu gerbang masuknya budaya-budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita. Maka dari itu, hadirin sekalian yang saya hormati, kita harus pandai-pandai menyaring segala hal yang kita dapatkan di era globalisasi saat ini. Karena sebenarnya tidak semua budaya asing itu buruk, namun kita harus pintar memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Demikianlah yang bisa saya sampaikan, saya ucapkan terimakasih atas perhatian hadirin sekalian. Jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin saya mohon maaf.

Contoh Pidato singkat tentang Pendidikan terbaru


Yang Saya hormati, ........

Serta seluruh siswa/siswi sekolah .... yang Saya banggakan.

Pertama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah.Swt, karena atas kenikmatan dan keberkahan-Nya kita semua dapat dipertemukan dan berjumpa di tempat yang InshaAllah dimuliakan-Nya ini dalam keadaan sehat sejahtera.

Pendidikan memiliki peran penting guna memajukan bangsa. Jika sarana pendidikan dimanfaatkan dengan baik, kemungkinan bangsa ini untuk maju sangat besar. Namun sebaliknya, jika kita tidak bisa memanfaatkan sarana pendidikan dengan baik, maka bangsa ini akan stagnan dalam kondisi berkembang.

Dalam ajaran Islam, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Karena dengan bekal ilmu, kita dapat menjalankan kehidupan dengan sangat mudah. Kewajiban menuntut ilmu sudah ada sejak zaman Nabi dan Allah pun berjanji, bagi hambanya yang menuntut ilmu dijalan-Nya, maka Allah.Swt akan meningkatkan derajatnya.

Allah.Swt sangat mencintai hambanya yang pintar dan Allah akan lebih mencintai lagi jika hambanya dapat mengamalkan ilmu kepada orang lain. Dan di situlah letak keutamannya, kita akan memiliki satu dari tiga amalan yang tidak terputus walaupun sudah meninggal, yaitu ilmu yang bermanfaat.

Maka dari itu marilah kita menjunjung tinggi Fastabiqul Khairat, berlomba-lomba untuk kebaikan dalam rangka menuntut ilmu di jalan Allah.Swt. Karena sudah jelas banyak pula firman-firman Allah di dalam kitab Al-Qur’an yang menjelaskan bagaimana pentingnya menuntut ilmu.

Para hadirin yang Saya hormati,

Menuntut Ilmu bukan hanya tentang dakwah yang bertujuan untuk mendapatkan pahala saja. Namun, ilmu memiliki peran penting bagi diri kita, yang mana dijadikan sebagai satu pegangan saat memutuskan suatu permasalahan dalam kehidupan ini.

Jika kita memiliki pegangan ilmu yang cukup, InshaAllah kita pasti bisa menghadapi dan memutuskan berbagai pertimbangan yang pada setiap masalah, sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik. Namun jika sebaliknya, kita fakir ilmu, tidak memiliki ilmu yang kuat, lantas bagaimana akan menghadapi suatu permasalahan nanti.

Di Indonesia ini seringkali kita mendengar, melihat, dan bahkan melakukan sendiri. Bahwasanya tempat yang terbaik untuk menuntut ilmu itu di sekolah atau lembaga formal. Sebenarnya, di manapun kita berada adalah tempat yang terbaik untuk menuntut ilmu dan dapat mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang telah dialami.

Bagi para dewan kepala sekolah janganlah lelah untuk membina para guru. Dan bagi para guru janganlah sampai lelah menebarkan ilmu bermanfaat kepada generasi bangsa ini. Dan kalian para siswa/siswi Indonesia, para penerus bangsa, janganlah lelah untuk menuntut ilmu.

Semoga apa yang Saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Demi menjunjung tinggi bangsa ini, marilah kita terus bersemangat menuntut ilmu di jalan Allah.swt. Dengan niat seperti itu, semoga Allah.swt senantiasa memberikan rahmat-Nya.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato singkat tentang Pendidikan terbaru

Yang Terhormat Bapak/Ibu…
Yang saya hormati Bapak/Ibu…
Serta, saudara-saudara sekalian yang saya muliakan
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tiada kata yang paling pantas diucapkan pada kesempatan ini selain memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmatNya jualah sehingga kita bisa bersama-sama disini dalam rangka membicarakan seputar permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh negeri yang kita cintai ini. Kehadiran bapak, ibu, serta saudara-saudara sekalian ditempat ini adalah bukti bahwa kita semua ingin melihat pendidikan kita menjadi lebih baik lagi.

Hadirin yang Berbahagia

Kiranya, kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah salah satu pilar penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam perkembangan suatu bangsa. Melalui pendidikan, kualitas sumber daya manusia suatu bangsa ditingkatkan. Oleh karena itu, pemerintah sebagai pemegang kebijakan pendidikan nasional harus mampu menjamin terselenggaranya sistem pendidikan yang merata disemua daerah tanpa terkecuali

Apalagi, konstitusi kita, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dalam Pasal 31 ayat 1 sampai 5 dengan jelas mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Pemerintah wajib membiayai warga negara tersebut untuk mengikuti pendidikan dasar. Negara diperintahkan untuk memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari nilai APBN dan APBD untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. Untuk ini semua, kita patutlah memberikan apresiasi pada pemerintah karena telah melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Namun, yang menjadi kendala utama dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu tidaklah terlalu penting. Pendidikan hanya buang-buang waktu saja, lebih baik bekerja, bisa menghasilkan uang dan membantu ekonomi keluarga. Akibatnya, banyak anak-anak yang seharusnya berada disekolah untuk menimba ilmu, ditemukan ditempat-tempat pekerjaan kasar bergabung bersama orang-orang dewasa. Kondisi ini banyak terjadi pada mereka yang hidup digaris kemiskinan.
Hadirin yang berbahagia

Problem ini sebenarnya dapat diatasi dengan memberikan kesadaran tentang arti penting pendidikan untuk masa depan. Proses penyadaran tersebut dapat dikombinasikan dengan pemberian cerita-cerita sukses yang dapat menginspirasi mereka untuk terus bersekolah.   Kita harus bisa meyakinkan mereka bahwa pendidikan merupakan jalan tepat untuk meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik lagi. Langkah ini adalah tanggung jawab kita semua. Sebuah tugas mulia karena sejalan dengan cita-cita negara ini untuk mewujudkan anak bangsa yang cerdas.
Meskipun sulit, tetap harus dilakukan agar anak-anak bangsa terlepas dari belenggu kebodohan.

Akhir kata, semoga Allah SWT memberikan kekuatan pada kita semua untuk melaksanakan tugas mulia ini. Terimakasih atas perhatian saudara-saudara sekalian, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato singkat tentang Pendidikan terbaru

Salam sejahtera semoga kebahagian selalu tercurah bagi kita semua,

Alhamdulilah,  Berkat kemurahan Allah SWT kita masih diberikan kesempatan untuk dapat bertemu dan bermunajat di tempat yang mulia ini. Terimakasih juga kepada hadirin yang telah bersedia melangkahkan kaki ke tempat ini, Semoga apa yang menjadi niat baik hadirin mendapatkan rahmat dari Allah SWT.. amin.

Hadirin yang berbahagia,
Berbicara sumber daya manusia tentu tidaklah terlepas dari yang namanya pendidikan. Karena tanpa adanya proses pendidikan tidaklah akan ada sumber daya manusia. Sebuah proses pendidikan tentu harus ditempuh dan memakan waktu yang tidak sebentar.

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang tidak mengenal batas usia, Tetapi harus dimulai dari usia dini hingga usia senja demi tercapainya manusia yang bersumber daya tinggi. Pendidikan memang perlu biaya tetapi tidak harus mahal. Karena itu kita perlu berkorban dan berjuang keras demi tercapainya cita-cita luhur tersebut.

Sebuah pendidikan memerlukan sikap keterbukaan dari diri manusia itu sendiri, Terbuka menerima ide-ide, terbuka menerima budaya, terbuka menerima teknologi dan lain-lain. Tetapi keterbukaan itu tentu harus disaring dengan baik tanpa merusak tatanan moral yang telah berlaku. Sehingga kelak pendidikan yang diterima tidak merusak moral generasi penerus bangsa ini dan menghasilkan manusia yang cerdas, bersumber daya dan bermartabat.

Tentunya semua itu perlu disusun dengan terencana, Tahap demi tahap agar dapat bergerak dengan pasti menuju ke arah yang lebih baik. Jalan yang ditempuhpun masih sangat panjang, Karena itu peran pemerintah maupun masyarakat luas sangat diharapkan dapat berperan aktif bahu membahu menyongsong harapan yang mulia.

Kedepannya, Pendidikan diharapkan akan melahirkan suatu sumber daya manusia yang berkepribadian dengan menumbuhkan jiwa saling mengisi dan bersaing secara sehat yang akhirnya dapat memajukan prestasi bangsa di kanca Internasional.

Bapak ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman semua yang saya banggakan. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Hadirin yang berbahagia, di zaman globalisasi sekarang ini kita seakan semakin dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih. Meskipun kita mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita, namun kemudahan-kemudahan itulah yang kadang justru membawa dampak buruk bagi kita.

Marilah sejenak kita melihat kehidupan disekitar kita yang semakin terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Saya beri contoh saja internet, teknologi ini sekarang semakin mudah diakses oleh siapapun baik tua ataupun muda. Jika kita mau berpikir lebih terbuka, sebenarnya ada sejuta manfaat yang bisa kita peroleh dari internet. Contohnya saja kita bisa mendapatkan banyak informasi, komunikasi yang semakin mudah, bahkan telah banyak orang yang menjadi kaya karena internet. Namun sayangnya banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi internet ini, contohnya saja semakin maraknya pornografi, penipuan, pembajakan, dan masih banyak lagi.

Internet juga menjadi salah satu gerbang masuknya budaya-budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita. Kita bisa lihat generasi muda kita yang sudah semakin teracuni oleh budaya barat yang sangat bertolak belakang dengan budaya Indonesia sebagai negeri timur yang sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Kita bisa lihat pemuda-pemuda kita yang sepertinya sangat bangga mengenakan pakaian-pakaian yang serba minim yang sebenarnya tidak sopan menurut budaya kita.

Oleh karena itu, hadirin yang saya hormati, kita harus pandai-pandai menyaring segala hal yang kita dapat di era globalisasi sekarang ini. Budaya asing sebenarnya tak semuanya buruk, namun kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Akhir kata, saya ucapkan terimakasih atas perhatian hadirin. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin.
Terima kasih,

Nah itulah ke 5 Contoh Pidato singkat tentang Pendidikan terbaru yang bisa bloggerntt.com bagikan untuk Anda kali ini. Semoga bermanfaat. Salam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar