Skip to main content

follow us

Bloggerntt.com - 5 cara agar anak tidak NGOMPOL ditempat tidur, Ada banyak penyebab mengapa si kecil masih ngompol sewaktu tidur.

Seperti yang kita ketahui rata-rata anak ngompol sekitar usia mulai dari 6-7 tahun. 

Sebetulnya setiap anak berbeda-beda, ada juga yang usia 12 tahun masih ngomol saat tidur.

Sebagai orang tua tak usah khawatir karena sebagian anak-anak akan mampu mengendalikan kandung kemihnya dengan sendirinya.

Baca juga:

  1. 10 Tips Jitu Mengatasi Anak Agar Tidak Susah Makan
  2. 12 Cara supaya Anak cepat tidur Pulas atau Nyenyak dan Tidak Rewel
  3. 7 Cara Paling Ampuh Mrengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak
  4. 8 Nutrisi yang di Butuhkan Untuk Perkembangan Anak Anda
  5. 5 Efek samping dan Damapk Negatif saat anda bermain smartphone Android untuk Kesehatan


Berikut ini bloggerntt.com akan menjelaskan kepada Anda 5 cara agar anak tidak NGOMPOL ditempat tidur, Selengkapnya di bawah ini:


Penyebab Anak Ngompol?

Adapun penyebab anak ngompol adalah sebagai berikut.

  1. Tidak jarang anak-anak memiliki kandung kemih yang tidak bisa menampung urine lebih banyak dibandingkan anak lainnya. Lama-kelamaan anak sudah bisa mengontrol kandung kemihnya dan menggunakan toilet sendiri.
  2. Sebagian anak mampu memproduksi urine secara berlebihan ketika tidur.
  3. Beberapa anak tidak bisa bangun ketika kandung kemih mulai penuh. Sehingga anak mungkin hanya bermimpi pergi ke kamar mandi dan akhirnya mengompol di tempat tidur.


5 cara agar anak tidak NGOMPOL ditempat tidur


  • Kenali berapa kali anak ingin pipis dalam satu hari. Normalnya anak akan ke toilet sebanyak 4-7 kali sehari. Jadi Anda bisa mulai mengatur intensitas pipis anak dengan tanyakan ia pada berapa saja biasanya kencing.
  • Jangan biarkan anak merasa kehausan. Cobalah ingatkan anak untuk selalu minum air putih. Caranya sediakan sebotol air minum khusus anak ketika terbangun di malam hari.
  • Biasakan anak untuk melakukan rutinitas sebelum tidur malam. Beberapa diantaranya seperti buang air kecil, menggosok gigi, cuci tangan, cuci kaki, dan cuci muka. Setidaknya si kecil harus ke toilet sebelum tidur. Kemudian jika anak terbangun di tengah malam, silahkan tanyakan apakah ingin ke toilet atau tidak.
  • Jangan sekali-kali bangunkan anak ketika tidur untuk pipis. Pasalnya hanya akan menganggu tidur anak, sehingga membuat anak kesal, marah dan sulit tertidur lagi. Cara ini tidak akan membantu mengentikan kebiasaan anak mengompol.
  • Berikan asupan minum anak di siang hari secara cukup, tetapi di malam harinya harus dibatasi. Misalnya, jangan minum teh atau kopi karena dapat memicu anak lebih sering pipis.


Sekian informasi dari bloggerntt.com tentang penyebab ngompol dan cara mengatasi ngompol pada anak. Semoga artikel 5 cara agar anak tidak NGOMPOL ditempat tidur bisa bermanfaat untuk Anda. Salam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar