Iklan Billboard 970x250

Artikel Terkait

Untuk Anda yang mau mengirimkan karya literasimu, baik itu cerpen, puisi, esai dan karya literasi lainya, silahkan Anda buka disini Kirim Artikel. LINK UNDUH SUDAH SAYA PERBAIKI. (Khusus Pada Artikel Aplikasi Android )

×
Mengenal Daftar Istilah Adsense dan Jenis Jenis Iklan di Google Adsense Lengkap

Iklan 728x90

Mengenal Daftar Istilah Adsense dan Jenis Jenis Iklan di Google Adsense Lengkap

    Bloggerntt.com - Mengenal Daftar Istilah Adsense BPK, RKT, PPS, CPC, RPM, RKT dll, Hallo sobat bloggeer, seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak blogger sukses yang mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar per bulannya dari google adsense. Sobat, ada banyak istilah yang harus diketahui dan dipahami oleh blogger pemula yang akan terjun menjadi seorang publisher adsense. Istilah-istilah adsense inilah yang sering muncul dalam aktifitas kita sebagai seorang blogger.

    Nah sob,  untuk seorang pemula atau baru saja diterima menjadi publisher adsense, tentu bingung saat melihat halaman Dashboard Google Adsense, Anda akan menemukan banyak istilah-istilah Adsense yang digunakan. Untuk itu, pemahaman awal tentang istilah ini bisa memberikan gambaran seperti apa bisnis di adsense itu dan cara menghitung penghasilan google adsense. Untuk pemula, konsistenlah dalam memposting artikel blog yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah setiap bulannya.A. Daftar Istilah-Istilah Google Adsense Terlengkap
    Google Adsense memiliki berbagai macam istilah yang hingga sekarang masih banyak blogger belum mengerti sepenuhnya. Oleh sebab itu, berikut ini akan diulas beberapa istilah yang terdapat dalam Google Adsense.

    1. Publisher

    Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka.

    Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi disetujui.

    Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.

    2. Ad Units

    Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks.

    Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

    3. Link Units

    Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google.

    Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

    4. AdSense for Content

    AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual.

    Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

    5. Alternate Ads

    Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya.

    Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher.

    Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

    6. Channels

    Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan.

    Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs.

    Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.

    7. Page Impressions

    Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

    8. Clicks

    Untuk mendefinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.

    9. CPC (Cost Per Click)

    CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, pengertiannya adalah biaya yang ditawarkan oleh pemasang iklan untuk tiap klik iklannya. Setiap kali iklan adsense tersebut di klik, maka penghasilan yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut.

    10. CTR (Click throught rate)

    CTR adalah perbandingan dalam bentuk prosentasi untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unik iklan adsense yang tampil.

    Jika iklan tampil sebanyak 100, kemudian iklan tersebut mendapatkan 1 kali klik, maka nilai CTR nya adalah : (1/100)x100%=1%.

    Jadi CTR yang didapat dari iklan yang tayang sebanyak 100 kali dan di klik 1 kali memiliki nilai 1%.

    11. RPM (Revenue Per Thousand Impression)

    RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman/1000 yang di dapatkan dari iklan-iklanya.

    Contoh :
    Publisher mendapatkan 100.000 rupiah dari 200.000 impresi akan memiliki CPM sebanyak : 100000/(200000/1000)=2000.

    12. Estimated Earning

    Estimated earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan yang kita pasang. Nilai estimated earning adalah hasil kali antara jumlah klik dengan CPC, semakin besar CPC maka akan semakin besar pula estimated earning yang akan kita dapat.

    13. Visitor dan Unique Visitor (pengunjung organik)

    Visitor adalah sebutan umum untuk pengunjung blog. Sedangkan unique visitor adalah pengunjung blog yang murni datang berasal dari mesin pencari seperti google.com, yandex, bing maupun browser yang lain. Pengunjung ini mencari sebuah website atau blog berdasarakan kata kunci yang ditulis dimesin pencari.

    14. Average Time On Site

    Adalah jumlah rata-rata waktu  yang dihabiskan pengunjung berada di blog sobat. Semakin lama pengunjung berada di blog sobat berarti semakin tinggi nilai durasi waktu singgahnya.
    Lama disini dalam artian karena pengunjung membaca dan membuka-buka halaman blog.

    15. Bounce Rate

    Adalah rata-rata presentase  antara tingkat kunjungan blog dengan page view dalam jangka waktu tertentu.
    Contoh :
    Ada pengunjung perhari sebanyak 100 pengujung dengan pageview 150
    Maka rumus hitungnya : 100 / 150 = 66,66%

    16. Akun Hosted dan Nonhosted

    Adalah 2 jenis akun adsense yang dibedakan berdasarkan pendaftaran awal calon publisher.
    Meskipun kepemilikan jenis akun ini dimulai sejak awal, Publisher yang memiliki akun Hosted dapat mengUPGRADE ke jenis nonhsoted dengan cara mengganti domain blog dengan domain TLD (top level domain)

    17. Akun Suspended

    Artinya akun adsense sobat ditangguhkan (ditutup) dalam jangka waktu tertentu. Biasaya selama 30 hari.
    Penyebab akun disuspend bermacam-macam dan yang paling sering adalah masalah invalid click.
    Ketika akun ditangguhkan maka iklan tidak akan tampil. Tetapi setelah 30 hari akun dan iklan akan diaktikan kembali oleh google.

    18. Akun Adsense Dibanned

    Artinya akun adsense dinonaktifkan. Penyebabnya bermacam-macam yang intinya publisher melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh google adsense.

    Jika sudah dinonaktifkan maka semua iklan yang ada di website atau blog sobat tidak akan tampil. Dan penghasilan yang sudah masuk di akun adsense tidak akan cair. Untuk lebih jelasnya Anda baca 4 Penyebab Utama Blog Di banned AdSense - akun adsense banned.

    19. Boom Klik

    Adalah aktifitas klik yang tidak bernilai (tidak valid ) atau tidak syah menurut ketentuan google adsense pada sebuah iklan yang tampil di suatu website atau blog. Boom klik biasa dilakukan oleh orang yang tidak suka terhadap blog kita. Aktifitas ini termasuk illegal karena merugikan publisher.

    20. PO (Pay Out)

    Artinya gajian, positif cair dari google adsense. Batas minimal PO adalah $100. kalau kurs nilai rupiah sekarang Rp. 13.000,- maka minimal PO dari adsense sebesar Rp. 1.300.000,-.
    Ada 2 metode pembayaran yang bisa diterima publishser Indonesia yaitu melalui WU (western union) di kantor pos dan Bank lokal seperti BCA, BNI, Mandiri dan BRI.

    21. PIP (Payment in Progress)

    Menunjukan status pembayaran dari google adsense masih dalam proses. Hal ini menandakan bahwa bulan ini sobat bisa mencairkan uang yang ada di akun adsense. PIP ini dilakukan secara otomatis oleh google biasanya antara tanggal 21-25 setiap bulannya.

    22. PI (Payment Issue)

    Setelah PIP barulah PI. PI adalah proses dimana publisher akan menerima kode pembayaran dari adsense. Kode ini dikirimkan melalui email dan digunkan untuk mencairkan uang di kantor pos (WU).

    23. Estimated Earning

    Adalah perkiraan jumlah penghasilan atau pendapatan yang akan diterima oleh publisher adsense dari iklan yang dipasang di blog atau iklan yang tampil di youtube dalam jangka waktu tertentu. Jadi pendapatan estimated earning ini belum real atau pasti tetapi hanya perkiraan yang akan kita dapatkan.

    24. NTCN (Money Transfer Control Number)

    Adalah nomor khusus yang dikirimkan oleh google adsense  bagi publisher yang mensetting metode pembayarannya (gajian) melalui Western Union (WU). Nomor ini akan dikirimkan jika saldo (balance) akun adsense sudah melewati batas minimum pembayaran yaitu sebanyak $100.

    25. Bank Lokal

    Istilah bank lokal adalah bank yang ada di wilayah publisher. Dengan bank lokal inilah publisher dapat mencairkan uang dari akun google adsense. bank lokal yang sering digunakan oleh publisher Indonesia adalah BCA (bank central asia), BNI (Bank Negara Indonesia), Mandiri dan BRI.

    26. Verifikasi PIN

    Adalah metode yang dilakukan oleh google untuk memverifikasi akun adsense dengan cara mengirimkan surat yang berisi kode beberapa digit (biasayan 6 digit). Surat dari google tersebut dikirimkan melalui kantor pos. dari kantor pos akan dikirmkan ke alamat publisher. Jika sobat sudah menerima surat dari pak pos yang berisi kode verifikasi, segera buka akun adsense dan masukan 6 digit kode verifikasi tersebut.

    B. Jenis Iklan di Google Adsense 

    Nah sob, sebelum memasang iklan Google AdSense sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis iklan Google Adsense itu sendiri. Saat ini jenis iklan Google AdSense yang populer dikenal adalah jenis konten (termasuk Page-level ads untuk tampilan versi Mobile), tautan (link), dan kotak penelusuran (search).

    1. Iklan Otomatis (Google Adsense Auto Ads)

    Iklan otomatis (Auto Ads) adalah unit format iklan baru dari Google AdSense yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam menerapkan pemasangan iklan AdSense pada blog atau website Anda.

    Format iklan Auto Ads diklaim sebagai iklan cerdas karena dapat secara otomatis muncul pada area-area tertentu menggunakan metode pembelajaran mesin untuk membuat keputusan penempatan iklan pada posisi terbaik. Yang menarik disini adalah Anda hanya perlu menambahkan satu potong kode sekali saja ke halaman Anda dan Google akan mengurus sisanya.

    2. Iklan vinyet (Vignette ads) dan Iklan anchor (Anchor ads)

    Iklan Vignette dan Anchor Ini tidak akan kamu temukan jika kamu mencarinya di Ad Unit. Namun bentuk iklan jenis ini berada di menu Auto ads. jenis iklan ini termasuk jenis iklan overlay yang dalam bahasa indonesianya adalah melayang.

    3. Iklan teks & bergambar (Text & display ads)

    Cara mudah untuk mendapatkan iklan di halaman Anda. Pilih ukuran, penempatan, dan gaya yang ingin Anda tampilkan.

    4. Iklan InArticle (In-article ads)

    Iklan yang pasang di antara paragraf halaman Anda untuk pengalaman membaca yang ditingkatkan.

    5. Iklan dalam feed (In-feed ads)

    Iklan yang mengalir secara alami di dalam daftar artikel atau produk di situs Anda, menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa.

    6. Konten yang sesuai (Matched content)

    Tampilkan iklan dan juga promosikan konten Anda untuk berpotensi meningkatkan pendapatan, tampilan halaman, dan waktu yang dihabiskan di situs.

    7. Iklan Google AdSense Jenis Kotak Penelusuran (Ads for Search)

    Iklan Google AdSense jenis kotak penelusuran adalah iklan yang tampil setelah pengunjung melakukan pencarian dari kotak penelusuran blog kita.

    Tujuan iklan ini adalah agar setiap pengunjung yang melakukan pencarian bisa dimudahkan dalam mencari sesuatu. Dari sini publisher bisa memperoleh penghasilan, setiap pengunjung melakukan pencarian melalui blog kita dan melakukan klik terhadap iklan yang ditampilkan.

    Sekian artikel Mengenal Daftar Istilah Adsense dan Jenis Jenis Iklan di Google Adsense, Semoga bermanfaat.
    Baca Juga
    SHARE
    Marko Kono
    Hi, My name is Marko. Pencinta Malam, Penyuka Hitam, Penikmat Gelap dan Pengurus Tapaleuk, hehehe 😃 Selain blogging, punya pekerjaan pribadi sebagai Staf Teknik bagian Pengawasan Proyek. Teknik Sipil menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupanya.
    Masukan Email Anda Untuk Dapatkan Update GRATIS!

    Artikel Terkait:

    Post a Comment

    Iklan Tengah Post