FIVE REASONS TO LOVE TIMOR, Bae Sonde Bae Tanah Timor Lebe Bae

Bloggerntt.com - Cinta tanah air itu memang perlu. Tapi apa alasan mendasar seseorang mesti mencintai tanah airnya sendiri? Alasan psikologis, karena di situlah pertama-tama seseorang belajar untuk berinteraksi dengan dunia?
FIVE REASONS TO LOVE TIMOR, Bae Sonde Bae Tanah Timor Lebe Bae

Setiap orang punya alasan untuk mencintai tanah tumpah darahnya sendiri. Demikian juga dengan saya. Sebagai orang Timor, saya mau kemukakan lima alasan mengapa saya sangat-sangat mencintai tanah timor dari ujung Los Palos hingga ke ujung Kupang, dari Ambenu hingga Panite. Alasan-alasan itu adalah ini:

1. Musikologi

Tanah Timor adalah tanah ritmik melodius. Nada-nada tinggi melengking lewat viol dan menghentak lewat tihar dan seruling. Irama gong menggelitik kaki, dan tarian maekat yang mendedahkan kemenangan di medan laga: . Bidu, bonet dan dansa. Melodi dan hentakan ini sekaligus menggambarkan kondisi alam Timor yang sesungguhnya, terpaku di sebelah utara oleh Puncak Mutis dan Ramelau, menghampar permadani dari Bena hingga ke Suai. Karang-karang yang ganas dan gersang di Kupang dan Baucau.

FIVE REASONS TO LOVE TIMOR, Bae Sonde Bae Tanah Timor Lebe Bae
Timor Leste yang cukup lama diduduki orang-orang Portugis menyerap musik dan tarian Portu, turut memberi warna khas untuk musik Timor. Dansa Portu adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh muda-mudi dalam setiap kesempatan pesta pernikahan. Konon, Dancing hall di Flobamora mall, mulanya ditujukan untuk bangunan home theater. Namun karena minat pengunjung lebih ke dansa-dansi maka jadilah Dancing Hall, setiap malam minggu, pasangan-pasangan menyalurkan hobi berdansa ala TImor. Baca juga : Daftar Lengkap Tokoh Pahlawan Nasional dan Tokoh Daerah dari Nusa Tenggara Timur (Update)

2. Gastronomi.

Makanan lokal yang ada paling banyak variasinya. Dulu, ketika padang Timor masih dipenuhi dengan kerbau, sapi dan kambing, dagingdan susu adalah makanan sehari-hari kaum bangsawan. Untuk orang jelata, kesempatan bertemu daging adalah pada saat pesta adat. Makan daging sepuas-puasnya. Mau yang kering, se’I, atau yang berkuah, loto. Setiap ada pertemuan, pasti ada perpisahan makan daging. Itulah sebabnya, kosakata pesta adat untuk orang Timor (Dawan) berarti “pembantaian hewan”.
FIVE REASONS TO LOVE TIMOR, Bae Sonde Bae Tanah Timor Lebe Bae

Makanan pokok sehari-hari adalah jagung bose (buah jagung yang ditumbuk untuk melepaskan kulit ari- lalu dimasak dengan campuran santan dan sayur-sayuran). Nasi dianggap makanan untuk pendatang (Kase). Alternatif lain adalah laku tobe: olahan dari singkong, umbi-umbian lainnya. Hasil olahan khas misalnya Penpasu: lengkap empat sehat lima sempurna, rebusan jagung plus: sayuran, umbi, kacang-kacangan, dan susu sapi siap saji sekali masak, satu wadah, satu porsi. Kenyang! Baca juga : Kumpulan Lirik Lagu Daerah Nusa Tenggara Timur

3. Ekologi

Aroma cendana yang wangi mencocok hidung orang Eropa hingga mendarat di Lifau, Atapupu dan Kupang. Aroma itu pula yang membikin mereka bertengkar seperti anjing berebut tulang. Alhasil, tempat jarahan dibagi-bagi, ke arah matahari terbit untuk Missi, ke arah terbenam untuk Zending. Biasa, Gold, Glory and Gospel,…. Hingga sekarang, perbatasan Negara mengangkangi Timor.

Tumbuhan cendana hidup dan subur di wilayah pegunungan Timor seperti sekitar Soe- TTS dan Ermera – Timor Leste. Pohon jati pun merupakan vegetasi yang dengan mudah kau temui di mana-mana. Salah satu kawasan besar hutan jati ada di dekat kota Atambua, milik para biarawan SVD Timor.
FIVE REASONS TO LOVE TIMOR, Bae Sonde Bae Tanah Timor Lebe Bae

Timor adalah tanah sabana, dengan sedikit kawasan kecil hutan hujan tropis  di wilayah Mutis, Lakaan dan Ramelau. Pada bulan Desember hingga Mei, sejauh mata lepas memandang ada kehijauan di mana-mana. Berikutnya ketika kemarau datang bertandang pada Juni – November, warna kecoklatan meliputi dataran Timor. Rumput-rumputan yang paling tahan terhadap kemarau melambangkan perjuangan hidup orang-orang Timor, bertahan dalam tingkat yang paling bawah seperti akar rumput. Baca juga : 10 Kuliner Khas NTT Yang Bikin Beta Rindu Mau Pulang Kampung

4. Geologi

FIVE REASONS TO LOVE TIMOR, Bae Sonde Bae Tanah Timor Lebe Bae
Pertambangan di Indonesia sedang ramai-ramainya menengok ke Timor. Selain Marmer dan Mangan, Konon, kandungan emasnya pun sedang dieksplorasi (mudah-mudahan jangan ketemu emas, kan kasihan Tanah ini akan digaruk-garuk!) Setelah Marmer  mendulang pertengkaran karena dijarah habis-habisan, Batu mangan pun sekarang menuai perselisihan. Ini terjadi antara mereka yang cinta alam versus mereka yang cinta uang. Dua-duanya memang tidak salah! Tapi rakyat sekarang mulai giat menajukan pernyataan tolak tambang: membuat pengusaha  terkencing-kencing, pejabat bodoh termehek-mehek. Tanah Timor digaruk-garuk. Ada luka, tapi mereka suka. Baca juga : Grup Facebook Yang Paling Aktif dan Ramai di Kunjungi Masyarakat NTT

5. The Magic Number
FIVE REASONS TO LOVE TIMOR, Bae Sonde Bae Tanah Timor Lebe Bae

Baca juga : DEVOSI ROSARIO DI BULAN OKTOBER

Dua adalah angka ajaib Timor. Dua etnik besar: Dawan dan Tetum. Dua Kristen Besar: Katolik Roma, Protestan Luteran. Dua Negara: Indonesia, Timor Leste, dua puncak: Mutis, Ramelau, dua pulau kecil: Batek, Jaco. Dua Dewa: Bumi dan Langit. Lengkaplah sudah jalinan Jantan betina, dan turunannya.  Lalu posisi neutrum ada di mana? Pasti ada pada mereka yang sudah lupa semua alas an di atas dan menjual Tanah Timor untuk sekedar mengisi perut buncit yang, anehnya, tak pernah kenyang.


Kau masih punya alas an untuk mencintai Tanah Timor? Sudilah berbagi di sini!

Image Source : @AnaktimorHitz on instagram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "FIVE REASONS TO LOVE TIMOR, Bae Sonde Bae Tanah Timor Lebe Bae"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel