Skip to main content
×

MIMPI NTT - Dia dari Aplasi, Ketemunya di Mamsena, Lahirlah Sebuah Mimpi Akan Guru Inovatif

Advertise

Advertise

    MIMPI NTT - Dia dari Aplasi, Ketemunya di Mamsena, Lahirlah Sebuah Mimpi Akan Guru Inovatif
    Hanya sebuah mimpi, mimpi akan seorang guru yang penuh dedekasi tinggi akan dunia pendidikan dan kreatifitas tinggi menghadapi tantangan jaman, JAMAN NOW!

    Adminnya, Hubert Thom Fallo ( Thom Fallo) , lulusan Universitas Negeri Timor (UNIMOR) adalah seorang guru yang jeli. Paling tidak, dia mampu mengamati problematika pendidikan sekaligus merekamnya. Yang kemudian dituangkan dalam beberapa artikel yang diposting di blognya.

    Lelaki kelahiran Oemenu, Kefamenanu ini bercerita tentang banyak hal.

    Beberapa waktu lalu, saya bermimpi. Aneh. Saya bermimpi, saya sedang mengajar di sebuah sekolah yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. Murid-murid yang saya hadapi nampak gembira di hadapan saya. Dalam mimpi itu, murid-murid begitu antusias saat saya datang. Lalu, dengan perasaan bangga, saya memulai pelajaran. Saya hidupkan laptop dan LCD, dan dalam sekejab saya presentasikan materi pembelajaran. Saat saya presentasi, anak-anak didik saya aktif merespon. Kadang, saat saya sedang bicara, ada anak yang tergelitik dan mengajukan pertanyaan.
    "Silakan!" kata saya menunjuk anak yang mengacungkan tangan.
    Begitulah, proses pembelajaran yang ada dalam mimpi saya itu benar-benar menyenangkan. Tidak saja bagi saya selaku seorang guru. Terlihat juga wajah anak-anak yang begitu sumringah penuh gairah. Mereka aktif dalam proses pembelajaran tanpa ada perasaan takut atau terkekang.

    Begitu besar perjuangan dan harapan seorang guru desa untuk melakukan pengajaran kepada siswa mereka, seakan-akan menyatakan kepada siswanya untuk terus berjuang dan keluarlah dari kebodohan dan kemiskinan. Hal ini mengingatkan dengan sebuah film yang berjudul “laskar pelangi’ perjuangan guru dan siswanya untuk keluar dari kebodohan dan kemiskinan, benar-benar sebuah perbuatan terpuji dan begitu mulia.

    Sangat kontras apabila dicermati dengan kondisi guru di kota yang dipenuhi fasilitas dan kemudahan. Kembali terlintas bagaimana guru di kota mengajar berdasarkan jadwal, dan minus dedikasi serta pengorbanan untuk siswanya, guru kota lebih condong materialistis dan structural. Guru di kota cenderung terikat dengan waktu dan pelit terhadap waktu luang untuk melakukan aktivitas pengembangan siswa. Walaupun tidak keseluruhan berkarakter seperti itu semua, namun umumnya guru di kota cenderung minim rasa pengorban yang benar-benar iklhas, Menurut Anda?

    Baca juga :

    1. Berkenalan dengan situs Satutenda.com, Travel Blogger yang dikelola Anak NTT
    2. Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense untuk Blogger
    3. Daftar HPK (High Paying Keywords) Google Adsense Indonesia 2019 Terbaru
    4. Cara Melindungi Konten Blog dengan Widget DMCA Badge di Blogger AMP HTML
    5. Alternatif AdSense 2019, 3 Situs Penyedia Iklan Terbaik Untuk Blog Valid AMP Template

    Bertolak dari sana, dapat disimpulkan pula kalau Thom bukan hanya guru yang sibuk mengajar. Dia juga peduli pada lingkungan tempat dia berkarya. Tak jarang, artikelnya kritis dan berani. Tak hanya “menantang” sistem pendidikan yang membingungkan, dia juga menawarkan solusi atau pandangan alternatif. Jadi, pemikiran yang disuguhkan tidak terkesan rasan-rasan belaka. Meski memang, seorang guru sudah sepatutnya menjadi pemecah persoalan. Jangan malah sekadar jadi beban kas negara yang suka menggosip tentang tunjangan yang tak lekas turun.

    Yang tak kalah menarik, guru di SMAN Insana Barat ini juga mencuplik banyak fenonema masyarakat. Khususnya, yang berkaitan dengan anak-anak atau para siswa sekolah. Contohnya, seputar internet,youtube, gadget atau gawai, dan game online yang lagi ngehits di era modern ini. Guru, dituntut kreatif untuk menjadi pendidik yang disukai. Bukan hanya menjelma seorang penceramah yang berbicara tentang itu-itu melulu. Ya, pengajar bukanlah kaset yang diputar dalam tape recorder. Karena, guru harus mampu mencetak pemuda-pemudi calon pemimpin bangsa. Menghadapi tantang zaman, para pendidik wajib inovatif. Tidak boleh selalu berkutat pada model pendidikan yang stagnan.

    Otokritik semacam kalimat-kalimat di atas juga sesekali dilontarkan dalam sejumlah artikel. Artinya, Thom berupaya adil untuk berpendapat. Semua pihak memiliki peran sentral dalam pembangunan pendidikan Indonesia.

    Sekian....

    Anda bisa berkunjung ke laman website beliau untuk membaca artikel yang sudah di publish di sana. Silahkan lihat data berikut ini :

    Biodata Blogger:
    Hubert Thom Fallo ( Thom Fallo)- Website : www.mimpinntt.com
    - YouTube : Mimpi NTT Channel
    - Admin : Hubert Thom Fallo ( FB )
    Data di atas merupakan informasi singkat mengenai pemilik situs, artikel ini kami kembangkan dalam rangka mengreview para blogger, penulis, yang berasal dari NTT, khususnya dari Pulau Timor.
    Jadilah Pahlawan Untuk Diri Sendiri Dan Jangan Pernah Mengenal Menyerah
    Baca Juga
    https://www.bloggerntt.com/2018/11/mimpi-ntt-dia-dari-aplasi-ketemunya-di.html

    Bacaan Menarik Lainya:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar