4 Dampak Negatif smartphone android canggih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui

4 Dampak Negatif smartphone android canggih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui

4 Dampak Negatif smartphone android canggih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui

Bloggerntt.com - 4 Dampak Negatif smartphone android canggih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui
Bloggerntt.com - 4 Dampak Negatif smartphone android canggih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, Smartphone saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita. Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur, saat berada di mana saja , kapan saja kita selalu tidak ketinggalan memainkan smartphone kita. Akan tetapi tahukah anda bahwa di balik kebiasaan kita yang hampir setiap hari tidak bisa pisah dari smartphone itu menimbulkan dampak negatif yang cukup mencengangkan bagi kesehatan fisik maupun psikis kita.

Baca juga : Cara menghapus atau membersihkan Sampah di HP Android tanpa Aplikasi

Gadget yang beredar saat ini rata-rata mempunyai sistem operasi Blackberry OS dengan Blackberry, Android OS dengan banyak vendor yang menggunakannnya seperti Samsung, Sony, HTC, dll serta IOS dengan Applenya. Masing-masing dari Operating System Smartphone tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

4 Dampak Negatif smartphone android canggih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui


1. Radiasi smartphone yang berbahaya

Seperti yang kita ketahui bahwa semakin canggih smartphone maka semakin banyak pula fitur-fitur dari smartphone tersebut, dan fitur-fitur tersebut membuat smartphone terpacu untuk memperoleh daya seperti sinyal digital yang lebih sinyal radio , maka dari itu makin besar pula radiasi yang dihasilkan. Dan dari banyaknya radiasi yang berbahaya tersebut, saya berhasil merangkum diantaranya :

a. Sakit Kepala

Kebiasan kita meletakkan smartphone disamping atau didekat kepala ketika tertidur menyebabkan anda terkena pusing, mual bahkan vertigo.

b. Menyebabkan Kanker
Selain menurunnya produksi melantonin , radiasi smartphone yang besar dapat memicu perkembangan kanker. Namun untuk hal ini masih belum ada penelitian yang konkrit.

c. Gangguan Ginjal
Kebiasaan lain kita selain meletakan smartphone di dekat kepala ketika tidur adalah meletakkan smartphone terlalu lama dalam saku baju ataupun celana yang dekat daerah sekitar ginjal. Semakin lama dan semakin besar sinyal radiasi negatif yang diterima dapat menagnggu fungsi normal ginjal.

Baca juga : 5 Cara Ampuh Menghemat Kouta Android Agar Tidak Cepat Habis

d. Serangan Jantung
Kebiasaan menyimpan smartphone didalam saku dekat dada adalah kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh setiap orang. Namun tahukah anda? sinyal radiasi negatif yang besar dan terus menerus terpancar didaerah sekitar jantung dapat menganggu fungsi normal jantung bahkan sampai terjadi serangan jantung.

e. Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan menurunnya kemampuan otak untuk mengingat alias pikun.


2. Menumbuhkan kesenjangan sosial

Banyaknya fitur canggih pada smartphone seperti fitur chat,internet dan game membuat orang cenderung terfokus dengan smartphone masing-masing , jika dahulu orang-orang sering bertegur sapa bahkan berbincang dengan orang lain walau tidak saling kenal sembari menikmati perjalanan dalam angkutan umum, maupun saat sedang mengantri untuk suatu hal.

Berbanding terbalik dengan kebiasaan pada sekarang ini dimana setiap orang terfokus dengan smartphone masing-masing sehinngga mengurangi interaksi sosial. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan smartphone yang semakin canggih membawa dampak positif yang besar terhadap kehidupan ,namun tidak dapat kita elakkan bahwa dampak negatif pun cukup banyak.

Baca juga : 5+ Cara Bisa Internet Gratis Telkomsel di HP Tanpa Pulsa

3. Bahaya sinar biru pada smartphone

Sinar biru atau blue light adalah sinar yang dipancarkan dari layar smartphone , sinar biru tidak hanya ditemukan di smartphone namun bisa ditemukan dari gdget lain seperti PC dan Laptop.
Dan tanpa kita sadari Sinar biru atau blue light memiliki dampak negatif yang berbahaya, di antaranya :

a. Degenerasi Makula
American Macular Degeneration Foundation menyebutkan bahwa sinur biru yang terpancar langsung ke mata dalam jarak dekat dan waktu yang berlangsung lama dapat meyebabkan rusaknya retina mata yang disebut degenerasi makula. Degenerasi Makula adalah kerusakan retina mata yang menyebabkan hilangannya penglihatan sentral,yaitu kemampuan melihat benda yang ada di depan mata.

b. Katarak
Secara resmi memang belum ada pernyataan khusus dari badan kesehatan nasional maupun internasional yang menyebutkan bahwa katarak termasuk dampak dari paparan sinar biru smartphone, penelitian yang menyimpulkan bahwa sinar biru smartphone dapat menyebabkan katarak pun belum ada yang konkrit.

Baca juga : Cara menambah atau memperpanjang masa aktif Semua KARTU Prabayar tanpa Isi PULSA

Namun survei kebanyakan setelah ada smartphone ataupun gadget canggih lainnya ,penderita katarak modern ini mulai mengalami mata yang tertutup lapisan putih seperti awan sejak umur 35 tahun sedangkan normalnya gejala ini terjadi mulai sejak seseorang berumur 75 tahun. Memang belum ada bukti konkrit namun dari hasil survei tersebut kita harus lebih waspada.

4. Menurunkan produksi melantonin

Melantonin merupakan zat yang dihasilkan otak dan berfungsi untuk membantu siklus tidur.
Zat melantonin mulai diproduksi ketika kita tertidur,dan kebiasaan kita saat bermain smartphone membuat kita mengabaikan rasa kantuk bahkan sampai begadang. Terganggunya siklus tidur tersebut membawa beberapa dampak diantaranya :

a. Gangguan kesehatan
Tidur adalah satu dari sekian banyak hal yang dibutuhkan tubuh,karna tubuh-pun membutuhkan waktu untuk beristirahat, kurangnya tidur menyebabkan menurunnya produksi melantonin yang bila secara terus menerus dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan diantaranya masalah memori atau ingatan hingga obesitas bahkan gangguan genetik lainnya.

b. Resiko Kanker yang lebih tinggi
Tidak hanya berfungsi sebagai pembantu tubuh untuk tertidur ,melantonin juga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat menangkal tumbuhnya penyakit kanker. Menurunnya produksi Melantonin dapat membuat perkembangan kanker menjadi lebih cepat karna kurangnya tubuh dalam menerima antioksidan alami. Meski belum ada hubungan sebab-akibat yang jelas,namun disebutkan bahwa kanker yang paling mungkin tumbuh karna menurunnya Melantonin adalah kanker Payudara dan Prostat.

Baca juga : 5 Cara Mudah mengatasi HP Android yang sering Restart Berulang ulang

c. Penyebab Depresi
Berdasarkan penelitian semakin kurangnya produksi melantonin dan semakin kacaunya siklus tidur seseorang dapat menyebabkan munculnya geajala-geajala depresi.


dampak negatif smartphone bagi kesehatan, dampak positif dan negatif handphone bagi pelajar, dampak negatif smartphone bagi pelajar, dampak negatif hp bagi pelajar, artikel dampak positif hp bagi pelajar, cara mengatasi dampak negatif smartphone, dampak negatif dari handphone, pengaruh smartphone terhadap kehidupan sosial

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

۝ Peraturan dalam berkomentar :

☛ UpsS,. Budayakan berkomentar sesudah membaca artikel sob.
☛ Dilarang Menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktiv, dsb.
☛ Dilarang berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politic, Profokasi.
☛ Berkomentarlah yang Sopan,Bijak, dan Sesuai Artikel (Dilarang OOT)
☛ Saya sangat berterima kasih atas semua yang mau berkomentar diblog saya.
☛ Saya PASTI akan berkunjung balik ke blog Sobat yang sudah mau berkomentar di sini.

Copyright © 2018 - Blogger NTT® Bloggerntt.com✓

Advertiser