Ini dia 7 Cara Efektif dan Ampuh Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Ini dia 7 Cara Efektif dan Ampuh Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Ini dia 7 Cara Efektif dan Ampuh Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Ini dia 7 Cara Efektif dan Ampuh Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan
Bloggerntt.com - Ini dia 7 Cara Efektif dan Ampuh Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Pernahkan Anda berpikir, mengapa Anda mudah terserang penyakit ketika memasuki musim penghujan? Jawabannya tidak hanya terletak pada diri Anda, tetapi hal tersebut juga didukung oleh kondisi lingkungan Anda. Di musim hujan, tingkat kelembapan menjadi lebih tinggi sehingga mengakibatkan penyebab penyakit, seperti nyamuk demam berdarah, bakteri infeksi dan virus menjadi lebih aktif. Baca juga : Inilah 8 cara mudah melakukan Gerakan Kip Up (Kick Up)

Musim hujan kembali datang! Bagi sebagian orang, musim ini merupakan musim yang menyenangkan. Hari-hari dengan udara panas dan terik matahari yang menyengat kini berganti menjadi hawa sejuk dan curahan air hujan yang menenangkan. Namun, bagi sebagian orang, musim ini mungkin menyebalkan, karena tubuh jadi mudah terserang penyakit. Eits, ada lho, cara untuk tetap menjaga kesehatan di musim hujan!

Ini dia 7 Cara Efektif dan Ampuh Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan


1. Tetap aktif di dalam ruangan

Menjaga kesehatan di musim hujan yang terakhir, udara dingin saat musim hujan memang sangat melenakan! Rasanya Anda tidak ingin keluar dari selimut. Eits, Anda justru harus lebih aktif meskipun berada di dalam ruangan, lho. Dengan menjaga Anda tetap aktif dan banyak bergerak, Anda akan menjaga sirkulasi tubuh tetap normal, dan Anda akan tetap merasa sehat di musim hujan!

2. Basmi nyamuk

Anda merasa rumah Anda jadi banyak nyamuk di musim hujan? Itu hal wajar. Nyamuk berkembangbiak lebih banyak, terutama di air yang menggenang. Tidak heran penyakit malaria tersebar di mana-mana. Anda bisa melakukan fogging atau semprotan pembasmi nyamuk, serta menguras bak air dan mengeringkan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang jentik-jentik berkembang biak. Lihat juga : Ini dia 5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Stres yang Direkomendasikan

3. Minum teh herbal

Menjaga kesehatan di musim hujan selanjutnya dengan meminum teh herbal. Ingin memiliki tubuh sehat di musim hujan? Anda bisa mencoba ramuan ajaib; teh herbal! Teh herbal dipercaya mampu menyembuhkan batuk, demam, dan flu. Anda juga bisa menambahkan ramuan lain seperti jahe atau daun mint untuk menambah rasa hangat pada tenggorokan.

4. Hindari konsumsi makanan di pinggir jalan

Jajanan yang berdiri di sepanjang jalan pulang memang sangat menggoda! Padahal makanan sudah menunggu di rumah. Sebaiknya, Anda tahan godaan tersebut agar tidak terserang penyakit di musim hujan. Pasalnya, makanan yang terpapar udara terbuka lebih mungkin terkontaminasi bakteri yang berkembangbiak di udara dan air. Usahakan selalu konsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi untuk menghindari penyakit dan memperkuat tubuh. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan, ya! Lihat juga : 10 Tips menjaga Kehamilan Trimester Pertama agar tetap Sehat

5. Hindari menyentuh wajah

Vrus influenza paling mudah masuk ke tubuh manusia melalui mata, hidung, dan mulut. Anda tentu tahu bukan, bahwa tangan Anda mengandung banyak bakteri? Oleh karena itu, hindari menyentuh wajah, mengucek mata, atau mengelap kening dengan tangan Anda. Lebih baik gunakan sapu tangan.

6. Hindari kubangan

Ketika musim hujan tiba, hal utama yang harus Anda hindari jika banyak beraktivitas di luar ruangan adalah genangan air. Pasalnya, air pada genangan tersebut merupakan sumber penyakit; seperti diare, influenza, kolera, hingga infeksi kulit karena jamur. Lindungi kaki Anda dengan menggunakan sepatu boots, atau gunakan sandal jepit yang terbuat dari karet. Bentuknya memang lebih terbuka, namun Anda akan lebih mudah membersihkannya dan lebih cepat kering.

Baca juga : 6 Cara Menjaga Kulit Agar tetap Putih dan Bersih dengan bahan alami

7. Rajin mencuci tangan

Menjaga kesehatan di musim hujan pertama dengan rajin mencuci tangan. Anda tentu sering beraktivitas di luar rumah bukan? Maka Anda akan mudah terpapar oleh bakteri dan virus yang hidup di berbagai tempat, seperti kursi di taman, pintu mobil, railing pada angkutan umum, dan lain-lain. Cucilah tangan Anda setiap Anda akan beraktivitas, seperti makan, dan sesudah beraktivitas, seperti berkendara di tempat umum. Gunakan air hangat dan sabun, dan pastikan Anda menjangkau seluruh bagian tangan Anda, seperti sela-sela jari dan kuku-kuku.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

۝ Peraturan dalam berkomentar :

☛ UpsS,. Budayakan berkomentar sesudah membaca artikel sob.
☛ Dilarang Menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktiv, dsb.
☛ Dilarang berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politic, Profokasi.
☛ Berkomentarlah yang Sopan,Bijak, dan Sesuai Artikel (Dilarang OOT)
☛ Saya sangat berterima kasih atas semua yang mau berkomentar diblog saya.
☛ Saya PASTI akan berkunjung balik ke blog Sobat yang sudah mau berkomentar di sini.

Copyright © 2018 - Blogger NTT® Bloggerntt.com✓

Advertiser