Ini dia 7 Bahaya dan Efek Samping Alkohol Untuk Kesehatan Anda

Ini dia 7 Bahaya dan Efek Samping Alkohol Untuk Kesehatan Anda

Ini dia 7 Bahaya dan Efek Samping Alkohol Untuk Kesehatan Anda

Bloggerntt.com - Ini dia 6 Bahaya dan Efek Samping Alkohol Untuk Kesehatan Anda

Bloggerntt.com - Ini dia 6 Bahaya dan Efek Samping Alkohol Untuk Kesehatan Anda, Mengonsumsi alkohol memiliki dampak depresan pada tubuh, yang berarti kemampuan tubuh untuk merespons berbagai macam stimuli akan melambat.

Namun, sebenarnya terjadi banyak sekali reaksi pada tubuh dalam hitungan satu jam setelah Anda mengonsumsi tegukan pertama alkohol. Terlebih lagi jika mengkonsumsinya dalam jumlah kecil tapi berkelanjutan.

Jika Anda penggemar minuman beralkohol, Anda tentu sudah merasakan bagaimana dampak minuman tersebut kepada tubuh Anda. Bisa jadi, Anda tidak terlalu ingat kemudian apa yang terjadi dan bagaimana rasanya.

Namun, tahukah Anda hal apa saja yang terjadi pada tubuh Anda ketika mengonsumsi alkohol? Untuk lebih dalam bagaimana dampak alkohol pada tubuh Anda berikut ini ulasannya!

Lihat juga : 5 Cara Memilih Pembalut yang Sehat di Saat Wanita Haid/Mestruasi/Datang Bulan

Dampak alkohol  pada tubuh terbukti secara medis dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan, seperti darah tinggi, struk, gangguan hati, bahkan kanker. Dr. Clare Morrison menjelaskan bahwa setelah Anda meneguk alkohol pertama kali, alkohol tersebut akan diserap ke darah melalui perut dan usus kecil. Efeknya akan terasa setelah 10 menit.

Respons tubuh terhadap alkohol bergantung pada beberapa faktor, seperti bentuk tubuh, jam terakhir individu tersebut makan, seberapa cepat alkohol tersebut dikonsumsi, usia, jenis kelamin, bahkan seberapa sering individu tersebut mengonsumsi alkohol.

Pada umumnya, tubuh membutuhkan waktu satu jam untuk memecah satu unit alkohol di dalam tubuh.

Baca juga : 15 Makanan untuk penderita TIPES agar cepat sembuh

Ini dia 7 Bahaya dan Efek Samping Alkohol Untuk Kesehatan Anda


1. Perut

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi tubuh yang disebut dengan permeabilitas usus. Hal tersebut akan menyebabkan racun dan bakteri yang berbahaya akan bocor ke sistem pencernaan Anda melalui peredaran darah, yang kemudian mendorong respons berbahaya pada sistem kekebalan tubuh dan berujung pada penyakit hati.

Pada dosis rendah, alkohol dapat mengiritasi perut, meningkatkan kadar keasaman, dan merelaksasi otot di bagian ujung esofagus yang menyebabkan rasa mulas.

2. Otot

Dengan mengonsumsi alkohol, tubuh akan lebih sulit untuk memperbaiki kerusakan protein serta lebih sulit untuk membuat protein baru. Hal ini tentu menjadi masalah krusial bagi Anda yang gemar berolahraga berat dan berniat untuk memperbesar otot Anda. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan protein serta karbohidrat setelah berolahraga. Baca juga : 6 Cara Menjaga Kulit Agar tetap Putih dan Bersih dengan bahan alami

3. Penis

Para pria, sebaiknya Anda berhati-hati dengan alkohol! Pasalnya, dampak alkohol pada tubuh bagian ini dapat mengurangi jumlah sperma dan kesehatan dengan memengaruhi testosteron. Hampir tiga perempat dari pria yang ketergantungan alkohol mengidap penyakit lemah syahwat, ketidakmampuan ereksi, hingga ejakulasi dini.

4. Otak

Dampak alkohol pada tubuh terutama bagian otak, banyak yang memercayai bahwa alkohol dapat mematikan sel pada otak. Namun, menurut Menshealth, alkohol tersebut menggangu area otak kecil yang mengatur keseimbangan dan koordinasi, serta bagian korteks serebral pada otak yang mengatur cara berpikir, memori, dan pembelajaran. Selain itu, bagian amygdala, bagian otak yang mengolah rasa takut dan marah, tidak terlalu bereaksi pada hal yang berbahaya. Oleh karena itu, tidak heran ketika Anda mabuk, Anda sering melakukan kegiatan yang berisiko.

Lihat juga : Penyebab dan 3 Cara Pengobatan Penyakit Sipilis pada Pria dan Wanita

5. Otot

Dengan mengonsumsi alkohol, tubuh akan lebih sulit untuk memperbaiki kerusakan protein serta lebih sulit untuk membuat protein baru. Hal ini tentu menjadi masalah krusial bagi Anda yang gemar berolahraga berat dan berniat untuk memperbesar otot Anda. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan protein serta karbohidrat setelah berolahraga.

6. Jantung

Dampak alkohol pada tubuh bagian jantung, alkohol mengandung polifenol yang dapat merelaksasi pembuluh darah atau meninggikan tingkat kolestrol baik untuk melindungi jantung. Namun, keadaan tersebut hanya berlaku jika alkohol dikonsumsi dalam dosis terbatas dan hanya orang-orang dengan genetik tertentu. Sementara itu, dua minuman alkohol perhari dapat meningkatkan risiko fibrilasi atrium, di mana serambi jantung berdetak tidak beraturan.

Baca juga : Inilah 8 cara mudah melakukan Gerakan Kip Up (Kick Up)

7. Kulit

Alkohol dapat membuat kulit Anda menjadi tidak sehat. Alkohol akan memperlebar pembuluh darah Anda dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan. Mata Anda akan memerah dan memiliki kulit yang lebih memerah. Selain itu, jantung akan memompa lebih banyak cairan tubuh untuk mengimbangi jumlah alkohol yang tersebar ke seluruh tubuh, sehingga wajah Anda akan tampak lebih menggembung.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

۝ Peraturan dalam berkomentar :

☛ UpsS,. Budayakan berkomentar sesudah membaca artikel sob.
☛ Dilarang Menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktiv, dsb.
☛ Dilarang berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politic, Profokasi.
☛ Berkomentarlah yang Sopan,Bijak, dan Sesuai Artikel (Dilarang OOT)
☛ Saya sangat berterima kasih atas semua yang mau berkomentar diblog saya.
☛ Saya PASTI akan berkunjung balik ke blog Sobat yang sudah mau berkomentar di sini.

Copyright © 2018 - Blogger NTT® Bloggerntt.com✓

Advertiser