Skip to main content

follow us


Bloggerntt.com - 7 Penyebab Mengapa wanita Telat Mensturasi/Haid/Datang Bulan dan Cara Mengatasinya, Suatu keadaan pada wanita yang tidak mengalami mensturasi dalam waktu sementara atau menetap disebut Amenorrhea. Dan apabila seorang wanita dimana sirkulasi haid atau mensturasi melebihi dari 35 hari dengan jumlah pendaharahan tetap sama seperti biasa itu disebut Oligomenorrhea

Kedua istilah diatas adalah suatu ganguan yang sering dialami pasa wanita di saat mensturasi

Amenorrhea sendiri dibagi menjadi primer dan sekunder. Bila wanita pada saat umurnya sudah 16 tahun tetapi belum mengalami mensturasi bisa disebabkan oleh kelainan genetic atau kondisi medis tertentu itu yang dibilang oleh para dokter sebagai Amenorrhea primer.Dan ada juga Amenorrhea Sekuder yaitu dimana seorang wanita tidak mengalami mensurasi selama 3 siklus atau kurang lebih selama 6 bln.Terjadinya hal tersebut dikarenakan Osteoporosis atau ketidaksuburan pada seorang wanita.

7 Penyebab Mengapa wanita Telat Mensturasi/Haid/Datang Bulan :


  • Kondisi genetis seperti dysgenesis gonad, turner syndrome, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS.
  • Pubertas atau hampir menopause.
  • Memakai kontrasepsi.
  • Memproduksi Obat-obatan tertentu.
  • Perubahan gaya hidup seperti olahraga berlebih, penurunan atau peningkatan berat badan ekstrim, stress.
  • Gangguan hormonal.
  • Kondisi abnormalitas pada sistem reproduksi (seperti: kehamilan, gangguan hipotalamus atau pituitari, endometriosis dan kanker).

Cara Mengatasi wanita Telat Mensturasi/Haid/Datang Bulan

Apa yang harus saya lakukan bila mengalami hal ini?
Bila anda mengalami hal tersebut silahkan lakukan hal berikut :
Merubah gaya hidup yang tidak sehat ,perbanyak istirahat,berolahraga teratur,melakukan diet yang dianjurkan dokter yaitu diet sehat, Jauhi hal yang membuat anda menjadi stress.

Bila hal diatas masih tetap sama segera hubungi dokter specialis terdekat untuk berkonsulatasi.Ingat kesehatan adalah anugrah yang sangat berharga dan tidak ternilai harganya

Sekian artikel 7 Penyebab Mengapa wanita Telat Mensturasi/Haid/Datang Bulan dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar