10 Tips Jitu Mengatasi Anak Agar Tidak Susah Makan

10 Tips Jitu Mengatasi Anak Agar Tidak Susah Makan

10 Tips Jitu Mengatasi Anak Agar Tidak Susah Makan


Bloggerntt.com - 10 Tips Jitu Mengatasi Anak Agar Tidak Susah Makan, Setiap ibu pasti pernah mengalami kendala ketika sang buah hati susah makan, tidak perlu cemas, karena bunda tida sendirian. Anak susah makan memang kasus yang sudah tidak aneh lagi, tetapi hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena anak masih dalam masa pertumbuhan dan juga membutuhkan nutrisi yang lengkap.

10 Tips Jitu Mengatasi Anak Agar Tidak Susah Makan


  • Bersikaplah fleksibel, Tidak hanya orang dewasa anak-anak pun kadang bisa menjadi bosan pada suatu jenis makanan.tetapi anak tidak bisa menunjukan kedidak sukaannya secara verbal,sehingga anak akan cenderung diam,pergi,bahkan melakukan suatu hal yang membuat anda gusar.contoh lain anak menolak makan ketika ia sedang sakit,atau tumbuhnya gigi.makanan kesukaannya pun akan ia tolak karena sedang sakit.
  • Memperhatikan ketika anak sedang makan. Bila seorang anak sedang makan dan mengalami muntah itu merupakan reflek normal untuk mencegahnya tersedak.refl ek tersebut dapat terjadi dalam beberapa keadaan seperti:terdapat banyak makanan di mulut si anak,makan terlalu cepat,dan jika anak tidak suka pada rasa atau terkstur makanan tersebut.untuk maenghindari itu maka usahakan anak makan dalam kondisi tenang,tidak berlarian ketika makan,perhatikan juga ukuran makanan yang masuk dan porsi makan yang cukup.
  • Sedikit demi sedikit kenalkan anak pada makanan baru. Lakukanlah secara bertahap,bila anda ingin memberikan makanan baru pada anak.pada waktu makan hidari pemberian makanan yang seluruhnya baru,karena si anak nanti akan merasa asing atau tidak terbiasa dengan makanan tersebut.dan bisa bisa anak malah tidak mau atau menolak untuk mkan.caranya agar anak mau mkan sertakan makan yang anak suka pada mkanan baru.tak lupa siapkan jenis makan baru tersebut seperti beberapa potongan buah dan dapat dikonsumsi pada saatjam jam lapar,sehingga anak mau makan dan daptat menerima makanan baru itu juga.
  • Porsi makan yang sesuai. Untuk anak 1-3tahun biasanya porsi makannya hanya 1/4porsi untuk dewasa,bila daging yang disajikan biasanya seukuran telapak tangan,dan bila sayur 1-2 sendok makan.
  • Bila anak ingin makanan tertentu tidak usah memarahi atau melarangnya. Hal ini memperburuk keadaan dan membuat anak semakin mengiginkan makanan tersebut.dan janganlah simpan mkanan itu dirumah bila makanan itu tidak baik untuk kesehatan anak.pada umumnya makan cepat saji yang tinggi akan kalori,lemak,gula,tetapi tidak cukup banyak mengandung nutrisi,contohnya seperti permen,coklat,kerupuk dll. Jika anak selalu meminta makanan siap saji,bunda dapat menyediakan alternatif makanan sehat yang terjangkau ketika anak merasa lapar atau ingin makan,jadi ia akan mau memakan makanan itu.makanan dalam bentuk yang menarik anak akan lebih suka,misalnya seperti buah yang mudah di kunyah contohnya:semangka,melon dicampur yoghurt,dan beberapa potong sayuran.juga smoothies buah yang bisa dicampur es krim atau susu.
  • Tidak pelu bertindak atau bereaksi berlebihan bila anak sedang makan,dan memainkan alat makannya. Anak kecil cenderung ingin mendapatkan perhatian atas sikapnya,tak heran bila sedang makan ia memainkan alat makan untuk mndapat perhatian,dan jika di perhatikan ia akan semakin menjadi.maka dari itu tidak usah memberi pehatian berlebih,bila ia sadar bahwa tidak ada yang memperhatikan ia aknn berhenti dengan sendirinya.
  • Beritahukan tata krama ketika makan. Ada sebagian anak yang ketika makan harus sambil nonton tv,main,bahkan di kejar kejar oleh sang ibu untauk mau di suapin.tetapi sebenarnya,bila si anak susdah mampu makan sendiri bisa dibiasakan untuk duduk di tempat makan(meja makan anak atau biasa)hal ini bisa mengurangi resiko tersedak sampai muntah pada si anak,dan juga bisa meningkatkan kedisiplinan pada anak.
  • Hindari pengalih perhatian ketikan sedang makan. Kalau disekitar area makan si anak ada saudara sedak bermai main atau tv sedang menyala dan menayangkan flm kartun kesukaannya maka pasti fokus si anak terhadap makan nya akan terganggu atau berkurang,maka buat lah suasana tenang dan nyaman jadi anak akan lebih memperhatikan dan menghabiskan makannya.
  • Kondisi anak yang harus diperhatikan (diawasi). Awasilah bahwa anak sedang lapar,tidak cape atau mengantuk sebelum makan.jangan terlalu diberi cemilan 2 jam sebelum waktu makan,agar anak tidak kekenyangan saat waktunya makan.
  • Teraturnya jadwal makan. Berilah makan sehari 3 kali,dan juga cemilan 2-3 kali dalam sehari,berselang 2-3jam di antara waktu makan sediakan beberapa cemilan.seperti cemilan di antra mkan pagi dan siang,siang dan malam maupun cemilan sebelum tidur.teraturnya jadwal makan bisa membantu anda mengetahui bahwa anak makan ketika anak memang lapar,dan kebiasaan makan cemilan pun bisa dikurangi,itu pun bisa bermanfaat menjaga pencernaan.

Sekian artikel 10 Tips Jitu Mengatasi Anak Agar Tidak Susah Makan, semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

۝ Peraturan dalam berkomentar :

☛ UpsS,. Budayakan berkomentar sesudah membaca artikel sob.
☛ Dilarang Menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktiv, dsb.
☛ Dilarang berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politic, Profokasi.
☛ Berkomentarlah yang Sopan,Bijak, dan Sesuai Artikel (Dilarang OOT)
☛ Saya sangat berterima kasih atas semua yang mau berkomentar diblog saya.
☛ Saya PASTI akan berkunjung balik ke blog Sobat yang sudah mau berkomentar di sini.

Copyright © 2018 - Blogger NTT® Bloggerntt.com✓

Advertiser