Lima Lagu Daerah Timor Versi Sius Ottu

Lima Lagu Daerah Timor Versi Sius Ottu

Lima Lagu Daerah Timor Versi Sius Ottu

Sius Ottu dan Lagu Pop Daerah Timor (tengah selatan) agaknya sulit dipisahkan. Sudah cukup banyak lagu-lagu tradisional yang biasa didengungkan sebagai pengantar tidur anak-anak dalam keluarga-keluarga tradisional timor, mendadak jadi terkenal berkat upaya keras dari Sius Ottu, Terimakasih. Sekarang ini, lagu-lagu ini bisa didengarkan di mana dan kapan saja, bisa dengan versi yang berbeda-beda.

Lima lagu berikut ini, sejatinya adalah lagu-lagu rakyat orang Timor, dikenal dengan baik oleh masyarakat Dawan tradisional, sebagaian Orang Belu dan sebagian Rote – Sabu. Dengan perkembangan tekhnologi modern, folksong ini hadir dalam beragam pop music daerah. Saya menyusun lima daftar folksong tersebut versi Sius Ottu. Nuansa Amanuban, Amanatun dan Mollo tampak di sini, membedakan dia dari versi-versi lainnya, misalnya dalam lagu Ailo Ena Ama, yang aslinya dipopulerkan oleh Tony Parera, dari Timor-Timur dulu.

Lima lagu berikut menurut saya yang paling enak didengarkan saat santai, mengenang nostalgia bersama keluarga, terutama bagi mereka yang ada di tanah rantau … ah orang TImor juga bisa “menyeberangi lautan”. (Menyeberang lautan atau Lak Tasi, adalah istilah khusus untuk menamakan kegiatan bepergian jauh dan menetap di sana, aka merantau).

1. Kuan Soe Leko neis
Lagu ini adalah semacam oleh oleh untuk Kota Soe, yang menjadi pusat pemerintahan (dan kebudayaan) Timor Tengah Selatan. Liriknya menceritakan tentang nyanyian burung-burung yang mengajak untuk pulang (kembali) ke Soe,  ke Mollo, Amnuban dan Amnatun. 


2. KuaTuaf
Lagu ini juga merupakan pujian terhadap putra puteri Aton Meto yang lincah menari, gesit menenun dan rajin berkebun.


3. Ailo ena Ama
Lagu ini dipopulerkan oleh Tony Parera. Jujurnya, saya lebih suka versi aslinya, Tony. Namun sentuhan khas Bahasa Kupang – dialek Soe membedakannya dengan Versi Tony Parera, dan membuatnya stand out of the crowd. Liriknya bercerita tentang pasangan sejoli yang memohon kepada kedua orangtua agar jalinan cintanya direstui. Cieeeh!

4. Tebe Onana (versi Amarasi)
Lagu ini rupanya cukup dikenal di hampir seluruh daratan Timor. Masih tentang memuja-muja pulau. Timor. Ha, orang TImor itu narsis-narsis ya? “Bae sonde bae tanah Timor Lelebo!”. Any comments?


5. Sonbilo
Barangkali Sius Ottu tanpa Sonbilo itu tidak mungkin, he he he. Sonbilo adalah nama sejenis burung, saya tidak tahu jelas yang mana burung yang dimaksud. Lagu ini berasal dari syair kuno orang Dawan, dan biasa dipakai dalam pantun-pantun tradisional. Maybe, ini pujian terhadap keindahan burung Sonbilo, dan sedikit filsafat yang menyertainya. He, butuh penelitian dulu apa filsafat burung Sonbilo ini.


Nah, itu beberapa lagu yang saya suka dan sesekali saya buka di Yutup untuk mengiringi kerjaan tugas di depan layar monitor. Bagaimana pendapat kamu?
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

۝ Peraturan dalam berkomentar :

☛ UpsS,. Budayakan berkomentar sesudah membaca artikel sob.
☛ Dilarang Menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktiv, dsb.
☛ Dilarang berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politic, Profokasi.
☛ Berkomentarlah yang Sopan,Bijak, dan Sesuai Artikel (Dilarang OOT)
☛ Saya sangat berterima kasih atas semua yang mau berkomentar diblog saya.
☛ Saya PASTI akan berkunjung balik ke blog Sobat yang sudah mau berkomentar di sini.

Copyright © 2018 - Blogger NTT® Bloggerntt.com✓

Advertiser